PTS KELAS 9







ULANGAN TENGAN SEMESTER  (UTS)
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas, Semester              : IX, II
Materi                             : Teks Diskuis dan Cerita Inspiratif
Waktu                            : 120 menit



  A.      Pilihan Ganda
  Berilah tanda silang (X) pada a, b, c, atau d yang paling tepat!


1.        Perhatikan teks berikut!
Akhir-akhir ini tindakan kriminal yang dilakukan oleh pelajar di kota-kota besar sangat memperihatinkan. Mereka tidak hanya bersekolah, tetapi juga melakukan perusakan, perkelahian, dan bahkan pembajakan sebuah bus. Salah satu pejabat menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) setempat untuk memberikan sanksi kepada para pelajar nakal yang telah melakukan tindak kriminal. Masyarakat pada umumnya setuju bahwa pelajar yang melakukan tindakan kriminal perlu diberi sanksi. Bentuk sanksi apa yang diberikan? Sampai saat ini masih terjadi perdebatan di kalangan masyarakat.
Kutipan penggalan teks tersebut termasuk jenis ....
a.      Teks argumentasi
b.      Teks eksposisi
c.       Teks diskusi
d.      Teks persuasi

2.        Perhatikan teks berikut!
Hari valentine atau Valentine Day agaknya tidak asing lagi di kalangan remaja. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang menunggu-nunggu kedatangannya. Bagi mereka, Valentine Day adalah momentum mencurahkan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Jutaan orang bertukar kartu cinta, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentine yang diyakini jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Adanya publikasi di media terutama televisi yang mengumbar peringatan Valentine membuat hari itu menjadi seakan spesial. Namun, di negara kita, peringatan Valentine mengundang kontroversi.
Kutipan penggalan teks tersebut merupakan bagian ....
a.         Isu
b.         Argumen mendukung
c.         Argumen menolak
d.         Simpulan

3.        Perhatikan teks berikut!
Sebagian masyarakat menyatakan setuju pemberlakukan cukai plastik mengingat dampak negatif yang ditimbulkan sampah plastik bagi pengguna maupun lingkungan yang sangat besar. Meskipun begitu, rencana kebijakan pengenaan cukai plastik harus diikuti pula dengan kebijakan lain misalnya seperti membayar plastik yang digunakan di ritel-ritel, menyosialisasikan kepada konsumen agar mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
a.         Isu
b.         Argumen mendukung
c.         Argumen menolak
d.         Simpulan

4.        Perhatikan teks berikut!
Namun, kenyataannya banyak pihak yang menyalahgunakan facebook untuk kejahatan dan penipuan. Anak di bawah umur pun telah memiliki akun facebook. Sudah pasti waktu belajar pun akan tersita hanya untuk bermain facebook. Bila orang tua kurang teliti memberikan fasilitas seperti ponsel,    Ipad, bahkan laptop atau computer, maka anak akan menggunakan fasilitas secara berlebih.
Kutipan penggalan teks tersebut merupakan bagian  ....
a.         isu
b.         argumen mendukung
c.         argumen  menolak
d.         simpulan

5.        Perhatikan teks berikut!
Keunggulan dan Kelemahan dari suatu gagasan pasti ada. Menghapus ojek online secara serta-merta bukan keputusan yang bijak karena pasti ada pihak yang merasa dirugikan. Oleh karena itu, sebaiknya para ojek online dan ojek konvensional melakukan permusyawaratan guna mencari kesepakatan mengenai pengambilan calon konsumen.
Kutipan penggalan teks tersebut merupakan bagian  ....
a.         Isu
b.         argumen mendukung
c.         argumen  menolak
d.         simpulan

6.        Perhatikan teks berikut!
(1) Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain.
(2) Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun.
(3) Kenyataannya, Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat orangtua hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.
(4) Yang tak kalah pentingnya, sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas pekerjaan sekolah.
 (5) Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya Facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu.
(6) Negatifnya, jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar.
 (7) Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.
(8) Positifnya, mengelola halaman Facebook mengajarkan anak dapat menguasai keterampilan media sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah.
Susunan teks diskusi yang sesuai dengan strukturnya  adalah ....
a.         (5) - (2) - (8) - (1) - (6) - (4) - (7) - (3)
b.         (7) - (2) - (8) - (4) - (6) - (1) - (5) - (3)
c.         (7) - (6) - (8) - (4) - (2) - (1) - (5) - (3)
d.         (5) - (3) - (8) - (4) - (6) - (1) - (7) - (2)

7.        Perhatikan teks berikut!
Pembuatan bulletin mingguan di SMPN I Sukodono menimbulkan pro dan kontra. (2) Dalam sebuah diskusi di ruang OSIS, pengurus buletin meyakinkan beberapa anggota OSIS perwakilan tiap kelas. (3) Mereka menyampaikan argumen betapa perlunya bulletin mingguan di sekolah tersebut. (4) Sebenarnya ide buletin tercetus dari seksi Apresiasi Bahasa, Sastra, dan Seni. (5) Program itu merupakan wahana informasi, rekreasi, dan edukasi bagi siswa. (6) Selain itu, dengan buletin ini diharapkan akan tercipta keeratan antarwarga sekolah.
Kalimat yang menyatakan persetujuan atas terwujudnya buletin mingguan adalah …
a.         Apa tidak sebaiknya dikaji dulu baik buruknya program ini mengingat proses pencetusan sangat singkat.
b.         Ini merupakan kegiatan yang mubazir dan tidak senada dengan visi kita.
c.         Saya pikir, faktor efisiensi perlu diperhatikan.
d.         Sudah saatnya sekolah kita memiliki media untuk mempererat semua warga sekolah dan tersedianya wadah apresiasi siswa dengan diadakannya buletin.

8.        Perhatikan teks berikut!
sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis yang tujuannya untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar ataupun cendikiawan.
Pernyataan tersebut termasuk  jenis diskusi ....
a.         diskusi panel
b.         simposium
c.         seminar
d.         saresehan

9.        Perhatikan teks berikut!
Saya sangat sependapat dengan Saudara bahwa penggunaan bahasa alay oleh remaja saat ini merupakan bagian dari perkembangan penggunaan bahasa. …., saya kurang sependapat jika bahasa alay tersebut digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena pembelajaran adalah situasi resmi yang harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang paragraf di atas adalah….
a.         karena
b.         sehingga
c.         namun
d.         dengan demikian

10.    Perhatikan teks berikut!
Polisi tidur kian banyak dijumpai di ruas-ruas jalan umum. Tidak hanya di lingkungan perumahan ataupun gang-gang, polisi tidur itu tentunya bukan sebagai aksesori jalan, melainkan untuk menghambat laju kendaraan. Konon, harapan dari pembuat sarana tersebut dapat digunakan untuk menghindari kecelakaan.
Masalah yang dikemukakan cuplikan tersebut berkenaan dengan masalah....
a.         jalan umum
b.         polisi tidur
c.         aksesori jalan
d.         lingkungan perumahan

11.    Perkatikan teks berikut!
Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap tidak sebagai solusi melainkan menimbulkan bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap pembakaran yang dapat menipiskan lapisan ozon.
Penggalan teks tersebut menggunakan  ciri kebahasan ....
a.      Keterangan wakatu
b.      Modalitas
c.       Kohesi gramatikan
d.      Kohesi leksikal

12.    Perhatikan teks berikut!
Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus berolahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, serta belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Berolahraga sangat menyenangkan serta jauh lebih baik daripada bosan dan suntuk di rumah.
Isu yang diangkat di dalam cuplikan itu adalah....
a.         manfaat berolahraga
b.         pentingnya kesehatan
c.         olahraga dan kesehatan
d.         kesenangan hidup

13.    Perhatikan teks berikut!
Setiap hari kita diingatkan agar kita lebih peduli terhadap lingkungan kita. Namun, ternyata tidak mudah untuk peduli terhadap lingkungan atau bergaya hidup “hijau”_atau sebenarnya mudah?
Isu yang dibahas di dalam cuplikan itu tentang....
a.         gaya hidup
b.         peristiwa sehari-hari
c.         kepedulian terhadap lingkungan
d.         kemudahan di dalam kehidupan

14.    Pengalan teks berukut yang merupakan bagian kesimpulan teks diskusi  adalah ....
a.         Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan fasilitas kepada anak.
b.         Akan tetapi, disisi lain pemberian gadget pada anak-anak juga lebih banyak memberikan dampak negative sehingga banyak orang terutama orang tua melarang anaknya untuk bermain smartphone.
c.         Di zaman sekarang kemajuan teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah perkembangan smartphone.
d.         Bagi masyarakat yang pro, tentu memberikan gadget pada anak-anak akan memberikan kemudahan dalam segala hal, termasuk dalam hal pelajaran.

15.    Perhatikan teks berikut!
Internet memang telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan. Dengan adanya internet, informasi apapun dapat kita ketahui baik hal positif maupun hal negatif. Keberadaan internet memberikan dampak positif dan negatif bagi pelajar. Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dari internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini harus menggunakan internet. Tidak bisa dipungkiri dengan adanya internet memberikan manfaat bagi para pelajar jika digunakan secara bijak. Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh internet. Salah satunya pornografi. Dihimbau untuk semua pihak, baik orangtua, guru, maupun siswa itu sendiri bersama-sama mencegah dampak negatif yang ditimbulkan dari internet.
Isu yang diangkat pada teks  tersebut  adalah....
a.         Dampak internet terhadap pelajar
b.         Keberadaan internet di kalangan pelajar
c.         Pencegahan dapampak negatif internet
d.         Pelajar dilarang menggunakan internet

16.    Perhatikan teks berikut!
(1) Selain kita membahas mengenai khasiat yang dianggap sangat banyak tersebut, akan tetapi ada dampak lainnya jika terlalu kebiasaan meminum teh yang tidak wajar atau terlalu berlebihan ternyata mempunyai pengaruh yang tidak baik terhadap kesehatan. (2)  Sebab kendungan caffein yang ada di dalam teh dapat menyebabkan proses penyerapan makanan sehingga menjadi terhambat. (3) Kemudian caffein juga mempunyai sifat yang sangat ketergantungan sehingga akan membuat tubuh akan terasa tidak fit apabila tidak mengkonsumsinya. (4) Kemudian untuk pada ibu menyusui, yang mana caffein dapat sangat mempengaruhi kelenjar ASI sehingga bisa menghambat kelancaran dalam menyediakan ASI.
Teks tersebut  menggunakan konjungsi pertentangan ditandai dengan  nomor ...
a.         4
b.         3
c.         2
d.         1

17.    Perhatikan teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon pengurus OSIS.
Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
a.         (1)
b.         (2)
c.         (3)
d.         (4)

18.    Perhatikan teks berikut!
Satya berpendapat bahwa perlu ada terobosan baru untuk kemajuan koperasi siswa di sekolah, yakni pengelola koperasi menyediakan barang-barang yang dikonsumsi siswa di sekolah.
Pernyataan kontra yang logis dan tepat berdasarkan pernyataan tersebut dalah....
a.         Saya kurang sependapat dengan Satya kalau koperasi sekolah harus menyediakan barang-barang yang dikonsumsi oleh siswa
b.         Saya kurang setuju dengan pendapat Satya kalau ingin memajukan koperasi siswa, pengelola harus menyediakan barang-barang konsumsi
c.         Menurut saya, pendapat Satya baik. Namun, perlu dipertimbangkan masalah pemodalan koperasi yang hingga saat ini masih terbatas
d.         Menurut saya, pendapat Satya kurang realistis karena koperasi siswa di sekolah ini baru berdir

19.    Perhatikan teks berikut!
(1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama yaitu kesuksesan.
Kalimat yang menyatakan alasan yang mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
a.         (1)
b.         (2)
c.         (3)
d.         (4)

20.    Perhatikan teks berikut!
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.
Kalimat yang mendukung persoalan terdapat pada nomor ...
a.         (2)
b.         (3)
c.         (4)
d.         (5)

21.    Perhatikan kutipan teks berikut!
Ada seorang gadis buta yang membenci dirinya sendiri karena dia buta. Satu-satunya orang yang tidak dia benci adalah pacarnya yang baik hati, karena dia selalu ada untuknya. Dia berkata bahwa jika dia bisa melihat dunia, dia akan menikah dengannya. Suatu hari, seseorang menyumbangkan sepasang mata padanya – sekarang dia bisa melihat semuanya, termasuk pacarnya. Pacarnya bertanya kepadanya, “Sekarang kamu bisa melihat dunia, maukah kamu menikah denganku?” Gadis itu terkejut ketika dia melihat bahwa pacarnya juga buta, dan menolak untuk menikah dengannya. Pacarnya berjalan pergi sambil menangis.
Teks tersbut merupaja jenis teks  ….
a.         Cerita inspiratif
b.         cerita narasi
c.         cerita pendek
d.         cerita fable

22.    Bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Pernyataan tersebut merupakan  jenis teks  ….
a.      Cerita penek
b.      Cerita inspiratif
c.       Cerita kayalan
d.      Biografi tokoh

23.    Perhatikan kalimat berikut!
1)        Teks ini biasanya diangkat atau diadaptasi dari sebuah kisah nyata. Ini digunakan untuk memberikan gambaran bahwa hal-hal yang terjadi dalam kisah tersebut ternyata dapat juga terjadi dalam kehidupan pembaca.
2)        Selain kisah nyata, setiap bentuk tulisan teks inspirasi dapat dikembangkan dari satu tema tertentu menjadi kisah inspirasi yang menarik.
3)        Bagian penutup dari sebuah cerita inspiratif dan jenis teks narasi lainnya. Dalam tahap ini disampaikan kesimpulan dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.
4)        Setiap teks inspirasi harus diberikan judul untuk memudahkan pembaca mengidentifikasi tentang gambaran isi teks.
5)        Dalam teks inspirasi terdapat alur cerita untuk memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah. Maka, teks inspirasi juga dapat disebut sebagai teks cerita karena di dalamnya terdapat alur, yaitu urutan waktu cerita dari awal hingga akhir yang dapat dipahami pembaca.
6)        Teks inspirasi tentunya bersifat naratif atau cerita karena seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, di dalamnya terdapat alur.
Kalimat tersebut yang bukan merupakan ciri dari teks inspiratif di tandai dengan nomor ….
a.      (1)
b.      (3)
c.       (5)
d.      (6)

24.    Pernyataan berikut yang buka fungus dariteks cerita inspirasi adalah ….
a.      Membujk pemberian untuk melakukan sesuatu.
b.      Menceritakan kenyataan atas suatu kejadian demi kepentingan tertentu.
c.       Pemberian informasi berupa pangelaman yang disajikan secara estetis kepada pembaca
d.      Pemberian informasi denganadanya kronoogi suatu peristiwa yang dilengkapi dengan unsur-unsur narasi

25.    Perhatikan kutipan teks berikut!
Hasan adalah seorang anak dari keluarga yang sederhana. Orang tuanya tidak mampu untuk membiayai Hasan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Walaupun orang tuanya tidak mampu membiayai dirinya ke perguruan tinggi, Hasan tetap semangat belajar. Karena Hasan tetap semangat belajar dan tidak putus asa, Hasan berhasil meraih beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Hal yang dapat dijadikan pelajaran, pesan, atau hikmah dari kutipan teks inspirasi tersebut adalah....
a.         Mintalah bantuan ke pihak yang mampu untuk membantu biaya pendidikan
b.         Tidak perlu berusaha untuk melanjutkan pendidikan jika orang tua tidak mampu
c.         Berhentilah belajar jika sudah tidak ada kemapuan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan
d.         Tetap semangat untuk selalu berusaha sebaik mungkin jika menghadapi berbagai tantangan atau masalah dalam hidup ini untuk meraih cita-cita yang diharapkan

26.    Perhatikan kutipan teks berikut!
Pak Nino adalah seorang mantan pegawai pabrik yang sudah pensiun beberapa tahun. Dia memiliki inisiatif untuk membuka usaha untuk memproduksi makanan ringan untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang-orang di sekitar dia.
Kutipan teks inspiratif tersbeut adalah bagian dari...
a.         Pembukaan teks inspirasi
b.         Isi teks inspirasi
c.         Penutupan teks inspirasi
d.         Tema teks inspirasi

27.    Perhatikan kutipan teks berikut!
(1) "Bu, aku malu kepada Allah! Dia hanya menerima 10 ribu tapi begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu namun sedikitpun aku tak berucap hamdalah?”
(2) Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba.
Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ....
a.         Resolusi
b.         Orientasi
c.         Komplikasi
d.         Perumitan peristiwa

28.    Perhatikan kutipan teks berikut!
Ketika pria itu memandangi gajah-gajah itu, ia benar-benar bingung mengapa gajah-gajah itu tidak hanya menggunakan kekuatan mereka untuk mematahkan tali dan melarikan diri dari kamp. Mereka dapat dengan mudah melakukannya, tetapi sebaliknya, mereka tidak berusaha sama sekali.Karena penasaran dan ingin mengetahui jawabannya, ia bertanya kepada seorang pelatih di dekat situ mengapa gajah-gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak pernah mencoba melarikan diri.
a.         Resolusi
b.         Orientasi
c.         Komplikasi
d.         Perumitan peristiwa

29.    Perhatikan kutipan teks berikut!
Meskipun pria itu baik hati, dia tidak mengerti bahwa kepompong yang membatasi dan perjuangan yang dibutuhkan oleh kupu-kupu untuk bisa menembus lubang kecil; adalah cara Tuhan untuk memaksakan cairan dari tubuh kupu-kupu ke sayapnya. Mempersiapkan diri untuk terbang begitu sudah keluar dari kepompong.
Bagian teks ceita inspirasi tersebut  adalah ...
a.      Orientasi
b.      Komplikasi
c.       Resolusi
d.      Koda

30.    Perhatikan kutipan teks berikut!
Pada zaman kuno, seorang Raja menempatkan sebuah batu besar di jalan. Dia kemudian menyembunyikan dirinya dan memperhatikan apakah ada orang yang akan memindahkan batu itu. Beberapa pedagang dan abdi dalem terkaya raja datang dan hanya berjalan mengelilinginya. Banyak orang dengan keras menyalahkan Raja karena tidak membersihkan jalan, tetapi tidak ada yang melakukan apa pun untuk menyingkirkan batu itu. Seorang petani kemudian datang membawa banyak sayuran. Saat mendekati batu, petani meletakkan sayurannya dan mencoba mendorong batu keluar dari jalan. Setelah berusaha untuk mendorong dengan segala jerih payahnya, dia akhirnya berhasil. Setelah petani kembali untuk mengambil sayurannya, dia melihat sebuah dompet tergeletak di bawah tempat batu itu berada. Dompet itu berisi banyak koin emas dan catatan dari Raja yang menjelaskan bahwa emas itu untuk orang yang mengeluarkan batu dari jalan.
Pesan moral dalam cerita tersebut adalah ....
a.      Perjuangan kita dalam hidup adalah untuk mengembangkan kekuatan kita. Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak mengandalkan bantuan dari orang lain.
b.      Ketika keadaan kita berubah, begitu juga pikiran kita. Beberapa orang mungkin tidak dapat melihat keadaan sebelumnya, dan mungkin tidak bisa menghargai mereka. Ada banyak hal yang bisa diambil dari cerita ini, bukan hanya satu.
c.       Tidak peduli berapa banyak dunia berusaha untuk menahan Anda, selalu lanjutkan dengan keyakinan bahwa apa yang ingin Anda capai adalah suatu yang mungkin. Percaya bahwa Anda bisa menjadi sukses adalah langkah terpenting untuk benar-benar bisa mencapainya.
d.      Setiap rintangan yang kita temui dalam hidup memberi kita kesempatan untuk memperbaiki keadaan kita, dan sementara yang malas mengeluh, yang lain menciptakan peluang melalui hati, kemurahan hati, dan kemauan untuk menyelesaikan sesuatu.

31.    Peragraf di berikut yang merupakan bagian perumitan peristiwa dalam teks cerita inspiratif dalah ….
a.          “Ayah selalu menasihatiku untuk pergi ke sekolah. Tapi ketika aku masih di sekolah dasar, beberapa teman sekelas menertawakan tempat aku tinggal di tempat sampah, tanpa sanitasi yang layak. Setiap kali aku membuka persediaan makanan selama jam istirahat, mereka tersentak karena mereka tahu Makanan dari sampah, “katanya.
b.          “Beberapa kelas sangat sulit. Saya harus mengatur dan menyesuaikan. Kadang-kadang saya tidak bisa terhubung dengan percakapan teman sekelas karena mereka berbicara tentang kehidupan dengan keluarga mereka yang sama sekali berbeda dari kehidupan saya, dan tidak ada pengalaman sekolah menengah yang tidak saya miliki, “Dia berkata.
c.         “Saya tumbuh di tempat pembuangan sampah, di mana saya membersihkan sampah daur ulang dan botol plastik kosong untuk membantu orang tua saya mencari nafkah. Kami menjual sisa makanan dan botol ke toko-toko bekas,” kenang Bayawon. Bayawon akan menghapus sisa makanan dari tempat sampah dan memasak lagi di rumah. Terlepas dari situasinya, ayah Bayawon berpikir keras di kepalanya dan harus terus memprioritaskan pendidikan.
d.         Dari membersihkan tempat pembuangan akhir hingga mendapatkan gelar sarjana, Bayawon telah mengambil langkah besar. Dia juga berencana untuk menggunakan gelar dan pengalaman mengajarnya untuk membantu banyak orang bergerak menuju masa depan yang lebih baik.

32.    Perhatikan kalimat berikut!
1)        Pria itu tidak memikirkan apa-apa tentang itu dan duduk di sana menunggu sayap membesar untuk membantu kupu-kupu. Tetapi hal itu tidak terjadi. Kupu-kupu menghabiskan sisa hidupnya tidak bisa terbang, merangkak dengan sayap kecil dan tubuh bengkak.
2)        Meskipun pria itu baik hati, dia tidak mengerti bahwa kepompong yang membatasi dan perjuangan yang dibutuhkan oleh kupu-kupu untuk bisa menembus lubang kecil; adalah cara Tuhan untuk memaksakan cairan dari tubuh kupu-kupu ke sayapnya. Mempersiapkan diri untuk terbang begitu sudah keluar dari kepompong.
3)        Suatu hari sebuah celah kecil muncul. Dia duduk dan memperhatikan kupu-kupu itu selama beberapa jam ketika ia berusaha memaksakan tubuhnya melewati lubang kecil itu.
4)        Maka lelaki itu memutuskan untuk membantu kupu-kupu itu. Dia mengambil gunting dan memotong kepompong yang tersisa. Kupu-kupu kemudian muncul dengan mudah, meskipun memiliki tubuh bengkak dan sayap kecil yang layu
Bagian kompilikasi pada teks cerita tersebut ditandai dengan nomor….
a.      (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)

33.    Perhatikan kalimat berikut!
1)        Rancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur
2)        Bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita
3)        Tentukan tema dan amanat yang akan disampaikan
4)        Tetapkan sasaran pembaca
5)        Rincian peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung
6)        Susun tokoh dan perwatakan, latar, dan sudut pandangan
Susunan langka-langkh menyusun  teks cerita inspirasi, yang tepat adalah ....
a.         (4) -  (3) - (2) - (1) – (6) – (5)
b.          (3) - (4) - (5) - (6) – (1) – (2)
c.          (3) - (4) - (1) - (2) – (5) – (6)
d.          (4) - (2) - (3) - (1) – (5) – (6)

34.    Perhatikan kutipan teks berikut!
1)        Tentunya hal tersebut akan membuat orang lain merasa curiga melihatnya.
2)        Namun nyatanya dugaannya salah besar, ternyata anak-anak sekolah tersebut sedang membagi-bagikan baju bekas dan makanan kepada seorang bapak tunawisma yang biasanya sering berkeliaran di kawasan sekolah.
3)        Bisa saja orang mencurigai segerombolan anak tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan seperti merokok.
4)        Jika Anda melihat perbuatan anak-anak tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan?
5)        Pada suatu hari, terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya ketika waktu istirahat tiba.
Susunan yang tepat kutipan cerita inspiratif tersebut adalah....
a.         (5) - (1) - (3) - (2) - (4)
b.         (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
c.         (5) - (2) - (1) - (3) - (4)
d.         (5) - (4) - (2) - (3) - (1)

35.    Perhatikan kutipan teks berikut!
1)        Ketika pria itu memandangi gajah-gajah itu, ia benar-benar bingung mengapa gajah-gajah itu tidak hanya menggunakan kekuatan mereka untuk mematahkan tali dan melarikan diri dari kamp. Mereka dapat dengan mudah melakukannya, tetapi sebaliknya, mereka tidak berusaha sama sekali.
2)        Ketika mereka (gajah) masih sangat muda dan kecil kita gunakan tali dengan ukuran yang sama untuk mengikat mereka hingga saat ini. Semakin besar gajah tersebut, mereka masih percaya tidak bisa kabur dari tali tersebut dan dapat menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk kabur.
3)        Seorang pria sedang berjalan melalui kamp gajah, dan dia melihat bahwa gajah tidak disimpan di dalam kandang atau ditahan dengan menggunakan rantai.
4)        Semua yang menahan mereka untuk keluar dari kamp, adalah hanya seutas tali yang diikat ke salah satu kaki mereka.
Susunan yang tepat kutipan cerita inspiratif tersebut adalah ....
a.          (4) - (3) - (2) - (1)
b.          (3) - (4) - (1) - (2)
c.          (3) - (1) - (2) - (4)
d.          (4) - (2) - (3) - (1)

36.     Perhatikan kutipan teks berikut ini.
Dalam diskusi ini, saya tidak menyetujui pendapat Anda. Pendapat dari Anda tentang menghadapi masalah yang sedang dihadapi tidak relevan dengan kenyataan yang sebenarnya. 
Kutipan teks tersebut bukanlah teks inspirasi karena....
a.         Ejaan yang digunakan salah
b.         Tidak ada nama penulis teks
c.         Tidak ada simpulan teks
d.         Menggambarkan tentang pendapat seseorang yang menolak pendapat dari orang lain yang biasanya ada di dalam teks diskusi

37.    Perhatikan kutipan teks berikut ini.
Demikianlah kisah Bu Jihan dalam meraih kesuksesan yang diusahakannya. Semoga kisah ini bisa menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi semua orang.
Kekurangan dari kutipan bagian penutupan teks inspirasi tersebut adalah....
a.         Tidak ada kata penutup
b.         Tidak ada solusi dan pesan dari permasalahan yang terjadi dalam kisah inspirasi
c.         Tidak dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan teks
d.         Tidak ada perbaikan dari aspek ejaan dan pilihan kata

38.    Sebuah teks inspirasi dapat dijadikan sumber inspirasi dengan alasan....
a.         Cerita lebih mudah dijual ke penerbit
b.         Terdapat beberapa hal yang terjadi dalam kisah inspirasi dapat dijadikan contoh teladan bagi pembaca atau pendengar
c.         Cerita lebih mudah dijadikan skenario film
d.         Cerita lebih mudah ditulis ulang

39.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)        Kebenarannya dapat dibuktikan dan diverifikasi oleh siapapun
2)        Pernyataan opini umumnya berupa saran, gagasan, nasihat, pendapat atau argumen pribadi.
3)        Secara umum dapat menjawab pertanyaan 5W1H (what, where, when, who, why dan how)
4)        Bersifat spekulatif atau mengira-ngira
5)        Informasi diperoleh dari kejadian yang nyata.
6)        Mengandai-andai dan biasanya menggunakan kata atau frasa seperti mungkinsaya kirajikakalau dsb
Pernyatan tersebut yang merupakan ciri alimat berfakta ditandai dengan nomor …
a.          (2) - (3) - (5)
b.          (1) - (3) - (5)
c.          (2) - (5) - (6)
d.         (1) - (2) - (6)

40.    Perhatikan paragraph berikut!
1) Ketika pria itu memandangi gajah-gajah itu, ia benar-benar bingung mengapa gajah-gajah itu tidak hanya menggunakan kekuatan mereka untuk mematahkan tali dan melarikan diri dari kamp. 2) Mereka dapat dengan mudah melakukannya, tetapi sebaliknya, mereka tidak berusaha sama sekali. 3) Karena penasaran dan ingin mengetahui jawabannya, ia bertanya kepada seorang pelatih di dekat situ mengapa gajah-gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak pernah mencoba melarikan diri. 4) Kemudian sang pelatih menjawab,
Kata keterangan waktu dalam penggalan cerita tersebut terdapat pada kalimat ….
a.                 A. (1)
b.                 B. (2)
c.                 C. (3)
d.                 D. (4)

B.       Uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1.        Jelaskan struktur teks cerita inspirasi
2.        Perhatikan teks cerita berikut!
Seorang pria menemukan kepompong kupu-kupu. Suatu hari sebuah celah kecil muncul. Dia duduk dan memperhatikan kupu-kupu itu selama beberapa jam ketika ia berusaha memaksakan tubuhnya melewati lubang kecil itu. Maka lelaki itu memutuskan untuk membantu kupu-kupu itu. Dia mengambil gunting dan memotong kepompong yang tersisa. Kupu-kupu kemudian muncul dengan mudah, meskipun memiliki tubuh bengkak dan sayap kecil yang layu, Pria itu tidak memikirkan apa-apa tentang itu dan duduk di sana menunggu sayap membesar untuk membantu kupu-kupu. Tetapi hal itu tidak terjadi. Kupu-kupu menghabiskan sisa hidupnya tidak bisa terbang, merangkak dengan sayap kecil dan tubuh bengkak.
Tuliskan pesan moral dari cerita inspiratif tersebut!

3.        Perhatikan teks cerita berikut!
1)         “Saya tumbuh di tempat pembuangan sampah, di mana saya membersihkan sampah daur ulang dan botol plastik kosong untuk membantu orang tua saya mencari nafkah. Kami menjual sisa makanan dan botol ke toko-toko bekas,” kenang Bayawon.
2)        Yayasan memberinya persyaratan yang diperlukan untuk sekolah, termasuk uang sekolah, uang saku dan akomodasi. Bayawang meninggalkan tempat pembuangan sampah. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di sebuah sekolah lokal di kota, ia mengadopsi sistem pembelajaran alternatif sehingga ia dapat menerima pendidikan tinggi di usianya.
3)        Dari membersihkan tempat pembuangan akhir hingga mendapatkan gelar sarjana, Bayawon telah mengambil langkah besar. Dia juga berencana untuk menggunakan gelar dan pengalaman mengajarnya untuk membantu banyak orang bergerak menuju masa depan yang lebih baik.
4)        “Ayah selalu menasihatiku untuk pergi ke sekolah. Tapi ketika aku masih di sekolah dasar, beberapa teman sekelas menertawakan tempat aku tinggal di tempat sampah, tanpa sanitasi yang layak. Setiap kali aku membuka persediaan makanan selama jam istirahat, mereka tersentak karena mereka tahu Makanan dari sampah, “katanya.
5)        Menghabiskan masa kecilnya mengumpulkan botol plastik kosong yang tersisa tidak menghentikan lelaki Filipina itu untuk memenuhi mimpinya. Meskipun dia tidak mengharapkannya, sekarang dia berhasil mengenakan topi bowler dan lulus dari perguruan tinggi.
Susunlah penggalan-penggalan cerita tersebut menjadi susunan yang benar!

4.        Tuliskan 2 kalimat yang neggunakan  konjungsi yang menyatakan perlawanan!

5.        Perhatikan gamber berikut!













Buatlah paragraf berupa isu  berdasarkan gambar tersebut!





Selamat mengerjakan!

No comments:

Post a Comment

Pendaftaran Instruktur Pembelajaran Sastra berbasis Literasi Digital Bagi Guru

ayo, kita ikutan jadi Instruktur Pembelajaran Sastra berbasis Literasi digital bagi guru , jangan sampai ketinggalan ya! JAdi kesempatan bes...