Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, Semester : IX, II
Materi : Teks Diskuis dan Cerita Inspiratif
Waktu : 120 menit
![]() |
A.
Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (X) pada a, b,
c, atau d yang paling tepat!
1.
Perhatikan teks berikut!
Akhir-akhir ini tindakan
kriminal yang dilakukan oleh pelajar di kota-kota besar sangat memperihatinkan.
Mereka tidak hanya bersekolah, tetapi juga melakukan perusakan, perkelahian,
dan bahkan pembajakan sebuah bus. Salah satu pejabat menginstruksikan kepada
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) setempat untuk memberikan sanksi kepada para
pelajar nakal yang telah melakukan tindak kriminal. Masyarakat pada umumnya
setuju bahwa pelajar yang melakukan tindakan kriminal perlu diberi sanksi.
Bentuk sanksi apa yang diberikan? Sampai saat ini masih terjadi perdebatan di
kalangan masyarakat.
Kutipan penggalan teks
tersebut termasuk jenis ....
a.
Teks argumentasi
b.
Teks eksposisi
c.
Teks diskusi
d.
Teks persuasi
2.
Perhatikan teks berikut!
Hari valentine
atau Valentine Day agaknya tidak asing lagi di kalangan
remaja. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang menunggu-nunggu
kedatangannya. Bagi mereka, Valentine Day adalah momentum
mencurahkan kasih sayang kepada orang yang dicintai. Jutaan orang bertukar
kartu cinta, kado spesial, hingga pesan cinta sebagai simbol perayaan Valentine
yang diyakini jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Adanya publikasi di
media terutama televisi yang mengumbar peringatan Valentine membuat hari itu
menjadi seakan spesial. Namun, di negara kita, peringatan Valentine mengundang
kontroversi.
Kutipan penggalan teks
tersebut merupakan bagian ....
a.
Isu
b.
Argumen mendukung
c.
Argumen menolak
d.
Simpulan
3.
Perhatikan teks berikut!
Sebagian masyarakat
menyatakan setuju pemberlakukan cukai plastik mengingat dampak negatif yang
ditimbulkan sampah plastik bagi pengguna maupun lingkungan yang sangat besar.
Meskipun begitu, rencana kebijakan pengenaan cukai plastik harus diikuti pula
dengan kebijakan lain misalnya seperti membayar plastik yang digunakan di
ritel-ritel, menyosialisasikan kepada konsumen agar mengurangi penggunaan
plastik dalam kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya.
Kutipan teks tersebut
merupakan bagian ....
a.
Isu
b.
Argumen mendukung
c.
Argumen menolak
d.
Simpulan
4.
Perhatikan teks berikut!
Namun,
kenyataannya banyak pihak yang menyalahgunakan facebook untuk kejahatan dan
penipuan. Anak di bawah umur pun telah memiliki akun facebook. Sudah pasti
waktu belajar pun akan tersita hanya untuk bermain facebook. Bila orang tua
kurang teliti memberikan fasilitas seperti ponsel, Ipad, bahkan laptop atau computer, maka
anak akan menggunakan fasilitas secara berlebih.
Kutipan
penggalan teks tersebut merupakan bagian
....
a.
isu
b.
argumen mendukung
c.
argumen menolak
d.
simpulan
5.
Perhatikan teks berikut!
Keunggulan dan Kelemahan dari suatu gagasan pasti ada.
Menghapus ojek online secara serta-merta bukan keputusan yang bijak karena
pasti ada pihak yang merasa dirugikan. Oleh karena itu, sebaiknya para ojek
online dan ojek konvensional melakukan permusyawaratan guna mencari kesepakatan
mengenai pengambilan calon konsumen.
Kutipan
penggalan teks tersebut merupakan bagian
....
a.
Isu
b.
argumen mendukung
c.
argumen menolak
d.
simpulan
6.
Perhatikan teks berikut!
(1) Namun komentar
yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain.
(2) Melarang anak
memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke
rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun
keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan
kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun.
(3) Kenyataannya,
Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat
orangtua hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial
ini.
(4) Yang tak kalah
pentingnya, sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas
pekerjaan sekolah.
(5) Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya
Facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu.
(6)
Negatifnya, jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk
mengekspresikan diri dengan berkomentar.
(7) Hasil studi Profesor Larry D. Rosen
dari California State University juga mengungkap beberapa efek
buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang
memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan
berperilaku agresif, dan mudah marah.
(8) Positifnya,
mengelola halaman Facebook mengajarkan anak dapat menguasai keterampilan media
sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah.
Susunan teks diskusi yang
sesuai dengan strukturnya adalah ....
a.
(5) - (2) - (8) - (1) - (6) - (4) - (7) -
(3)
b.
(7) - (2) - (8) - (4) - (6) - (1) - (5) -
(3)
c.
(7) - (6) - (8) - (4) - (2) - (1) - (5) -
(3)
d.
(5) - (3) - (8) - (4) - (6) - (1) - (7) -
(2)
7.
Perhatikan teks berikut!
Pembuatan
bulletin mingguan di SMPN I Sukodono menimbulkan pro dan kontra. (2) Dalam
sebuah diskusi di ruang OSIS, pengurus buletin meyakinkan beberapa anggota OSIS
perwakilan tiap kelas. (3) Mereka menyampaikan argumen betapa perlunya bulletin
mingguan di sekolah tersebut. (4) Sebenarnya ide buletin tercetus dari seksi
Apresiasi Bahasa, Sastra, dan Seni. (5) Program itu merupakan wahana informasi,
rekreasi, dan edukasi bagi siswa. (6) Selain itu, dengan buletin ini diharapkan
akan tercipta keeratan antarwarga sekolah.
Kalimat
yang menyatakan persetujuan atas terwujudnya buletin mingguan adalah …
a.
Apa tidak
sebaiknya dikaji dulu baik buruknya program ini mengingat proses pencetusan
sangat singkat.
b.
Ini merupakan
kegiatan yang mubazir dan tidak senada dengan visi kita.
c.
Saya pikir,
faktor efisiensi perlu diperhatikan.
d.
Sudah saatnya
sekolah kita memiliki media untuk mempererat semua warga sekolah dan
tersedianya wadah apresiasi siswa dengan diadakannya buletin.
8.
Perhatikan teks berikut!
sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan
akademis yang tujuannya untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik
tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di
antara para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar ataupun
cendikiawan.
Pernyataan tersebut termasuk jenis diskusi ....
a.
diskusi panel
b.
simposium
c.
seminar
d.
saresehan
9.
Perhatikan teks berikut!
Saya
sangat sependapat dengan Saudara bahwa penggunaan bahasa alay oleh remaja saat
ini merupakan bagian dari perkembangan penggunaan bahasa. …., saya kurang
sependapat jika bahasa alay tersebut digunakan dalam kegiatan pembelajaran
karena pembelajaran adalah situasi resmi yang harus menggunakan bahasa yang
baik dan benar.
Konjungsi
yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang paragraf di atas adalah….
a.
karena
b.
sehingga
c.
namun
d.
dengan demikian
10.
Perhatikan teks berikut!
Polisi tidur kian banyak dijumpai di
ruas-ruas jalan umum. Tidak hanya di lingkungan perumahan ataupun gang-gang,
polisi tidur itu tentunya bukan sebagai aksesori jalan, melainkan untuk
menghambat laju kendaraan. Konon, harapan dari pembuat sarana tersebut dapat
digunakan untuk menghindari kecelakaan.
Masalah yang dikemukakan cuplikan tersebut
berkenaan dengan masalah....
a.
jalan umum
b.
polisi tidur
c.
aksesori jalan
d.
lingkungan perumahan
11. Perkatikan
teks berikut!
Namun
bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap tidak sebagai solusi
melainkan menimbulkan bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan
menghasilkan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap pembakaran yang
dapat menipiskan lapisan ozon.
Penggalan
teks tersebut menggunakan ciri kebahasan
....
a. Keterangan
wakatu
b. Modalitas
c. Kohesi
gramatikan
d. Kohesi
leksikal
12.
Perhatikan teks berikut!
Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya
harus berolahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga
kebugaran dan kesehatan, serta belajar bagaimana bekerja sama dengan orang
lain. Berolahraga sangat menyenangkan serta jauh lebih baik daripada bosan dan
suntuk di rumah.
Isu yang diangkat di dalam cuplikan itu
adalah....
a.
manfaat berolahraga
b.
pentingnya kesehatan
c.
olahraga dan kesehatan
d.
kesenangan hidup
13.
Perhatikan teks berikut!
Setiap hari kita diingatkan agar kita
lebih peduli terhadap lingkungan kita. Namun, ternyata tidak mudah untuk peduli
terhadap lingkungan atau bergaya hidup “hijau”_atau sebenarnya mudah?
Isu yang dibahas di dalam cuplikan itu
tentang....
a.
gaya hidup
b.
peristiwa sehari-hari
c.
kepedulian terhadap lingkungan
d.
kemudahan di dalam kehidupan
14.
Pengalan
teks berukut yang merupakan bagian kesimpulan teks diskusi adalah ....
a.
Oleh
sebab itu, Anda sebagai orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan
fasilitas kepada anak.
b.
Akan
tetapi, disisi lain pemberian gadget pada anak-anak juga lebih banyak
memberikan dampak negative sehingga banyak orang terutama orang tua melarang
anaknya untuk bermain smartphone.
c.
Di zaman
sekarang kemajuan teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat,
salah satunya adalah perkembangan smartphone.
d.
Bagi
masyarakat yang pro, tentu memberikan gadget pada anak-anak akan memberikan
kemudahan dalam segala hal, termasuk dalam hal pelajaran.
15.
Perhatikan teks berikut!
Internet memang telah banyak
membantu manusia dalam segala unsur kehidupan. Dengan adanya internet,
informasi apapun dapat kita ketahui baik hal positif maupun hal negatif.
Keberadaan internet memberikan dampak positif dan negatif bagi pelajar. Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dari internet. Bahkan, tugas-tugas
sekolah pun kini harus menggunakan internet. Tidak bisa dipungkiri dengan
adanya internet memberikan manfaat bagi para pelajar jika digunakan secara
bijak. Namun, tidak sedikit pula pengaruh
negatif yang ditimbulkan oleh internet. Salah satunya pornografi. Dihimbau
untuk semua pihak, baik orangtua, guru, maupun siswa itu sendiri bersama-sama
mencegah dampak negatif yang ditimbulkan dari internet.
Isu yang
diangkat pada teks tersebut adalah....
a.
Dampak internet
terhadap pelajar
b.
Keberadaan
internet di kalangan pelajar
c.
Pencegahan
dapampak negatif internet
d.
Pelajar dilarang
menggunakan internet
16.
Perhatikan teks berikut!
(1) Selain kita membahas mengenai khasiat yang
dianggap sangat banyak tersebut, akan tetapi ada dampak lainnya jika terlalu
kebiasaan meminum teh yang tidak wajar atau terlalu berlebihan ternyata
mempunyai pengaruh yang tidak baik terhadap kesehatan. (2) Sebab kendungan caffein yang ada di dalam teh
dapat menyebabkan proses penyerapan makanan sehingga menjadi terhambat. (3)
Kemudian caffein juga mempunyai sifat yang sangat ketergantungan sehingga akan
membuat tubuh akan terasa tidak fit apabila tidak mengkonsumsinya. (4) Kemudian
untuk pada ibu menyusui, yang mana caffein dapat sangat mempengaruhi kelenjar
ASI sehingga bisa menghambat kelancaran dalam menyediakan ASI.
Teks tersebut
menggunakan konjungsi pertentangan ditandai dengan nomor ...
a.
4
b.
3
c.
2
d.
1
17.
Perhatikan teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket
akan segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan dapat
saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah
lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yang menjadi calon
pengurus OSIS.
Kalimat yang menyatakan mendukung
persoalan terdapat pada nomor ...
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
18.
Perhatikan teks berikut!
Satya berpendapat bahwa perlu ada
terobosan baru untuk kemajuan koperasi siswa di sekolah, yakni pengelola
koperasi menyediakan barang-barang yang dikonsumsi siswa di sekolah.
Pernyataan kontra yang logis dan tepat
berdasarkan pernyataan tersebut dalah....
a.
Saya kurang sependapat dengan Satya kalau koperasi sekolah
harus menyediakan barang-barang yang dikonsumsi oleh siswa
b.
Saya kurang setuju dengan pendapat Satya kalau ingin
memajukan koperasi siswa, pengelola harus menyediakan barang-barang konsumsi
c.
Menurut saya, pendapat Satya baik. Namun, perlu
dipertimbangkan masalah pemodalan koperasi yang hingga saat ini masih terbatas
d.
Menurut saya, pendapat Satya kurang realistis karena
koperasi siswa di sekolah ini baru berdir
19.
Perhatikan teks berikut!
(1) Dalam rangka memperingati Hari
Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi dan
Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15
Agustus 2014. (3) Guru dan siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4)
Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yang sama
yaitu kesuksesan.
Kalimat yang menyatakan alasan yang
mendukung terhadap masalah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
20.
Perhatikan teks berikut!
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata
faktor alam. (2) Jakarta yang terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama.
(3) Aktivitas dan ulah warga berpengaruh pada terjadinya banjir di Jakarta. (4)
Banyak warga yang masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton
sampah diangkat dari pintu air Manggarai.
Kalimat yang mendukung persoalan
terdapat pada nomor ...
a.
(2)
b.
(3)
c.
(4)
d.
(5)
21. Perhatikan
kutipan teks berikut!
Ada seorang gadis
buta yang membenci dirinya sendiri karena dia buta. Satu-satunya orang yang tidak dia
benci adalah pacarnya yang baik hati, karena dia selalu ada untuknya. Dia
berkata bahwa jika dia bisa melihat dunia, dia akan menikah dengannya. Suatu hari, seseorang menyumbangkan
sepasang mata padanya – sekarang dia bisa melihat semuanya, termasuk pacarnya.
Pacarnya bertanya kepadanya, “Sekarang kamu bisa melihat dunia, maukah kamu
menikah denganku?” Gadis
itu terkejut ketika dia melihat bahwa pacarnya juga buta, dan menolak untuk
menikah dengannya. Pacarnya berjalan pergi sambil menangis.
Teks tersbut merupaja jenis teks
….
a.
Cerita inspiratif
b.
cerita narasi
c.
cerita pendek
d.
cerita fable
22.
Bahan
tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ilham, ide, atau
gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Pernyataan tersebut merupakan jenis teks
….
a.
Cerita penek
b.
Cerita inspiratif
c.
Cerita kayalan
d.
Biografi tokoh
23.
Perhatikan kalimat berikut!
1)
Teks ini biasanya diangkat atau diadaptasi dari
sebuah kisah nyata. Ini digunakan untuk memberikan gambaran bahwa hal-hal yang
terjadi dalam kisah tersebut ternyata dapat juga terjadi dalam kehidupan
pembaca.
2)
Selain kisah nyata, setiap bentuk
tulisan teks inspirasi dapat dikembangkan dari satu tema tertentu menjadi kisah
inspirasi yang menarik.
3)
Bagian penutup dari sebuah cerita
inspiratif dan jenis teks narasi lainnya. Dalam tahap ini disampaikan
kesimpulan dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.
4)
Setiap teks inspirasi harus diberikan
judul untuk memudahkan pembaca mengidentifikasi tentang gambaran isi teks.
5)
Dalam teks inspirasi terdapat alur
cerita untuk memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah.
Maka, teks inspirasi juga dapat disebut sebagai teks cerita karena di dalamnya
terdapat alur, yaitu urutan waktu cerita dari awal hingga akhir yang dapat
dipahami pembaca.
6)
Teks inspirasi tentunya bersifat
naratif atau cerita karena seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya,
di dalamnya terdapat alur.
Kalimat tersebut yang bukan merupakan ciri
dari teks inspiratif di tandai dengan nomor ….
a.
(1)
b.
(3)
c.
(5)
d.
(6)
24. Pernyataan berikut yang buka fungus dariteks
cerita inspirasi adalah ….
a. Membujk pemberian untuk melakukan sesuatu.
b. Menceritakan kenyataan atas suatu kejadian demi kepentingan
tertentu.
c. Pemberian informasi berupa pangelaman yang
disajikan secara estetis kepada pembaca
d. Pemberian informasi denganadanya kronoogi suatu
peristiwa yang dilengkapi dengan unsur-unsur narasi
25. Perhatikan
kutipan teks berikut!
Hasan adalah seorang anak dari keluarga yang sederhana. Orang tuanya
tidak mampu untuk membiayai Hasan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan
tinggi. Walaupun orang tuanya tidak mampu membiayai dirinya ke perguruan
tinggi, Hasan tetap semangat belajar. Karena Hasan tetap semangat belajar dan
tidak putus asa, Hasan berhasil meraih beasiswa penuh untuk melanjutkan
pendidikan ke perguruan tinggi.
Hal yang dapat
dijadikan pelajaran, pesan, atau hikmah dari kutipan teks inspirasi tersebut
adalah....
a.
Mintalah bantuan ke pihak yang mampu
untuk membantu biaya pendidikan
b.
Tidak perlu berusaha untuk melanjutkan pendidikan jika
orang tua tidak mampu
c.
Berhentilah belajar jika sudah tidak ada kemapuan
ekonomi untuk melanjutkan pendidikan
d.
Tetap semangat untuk selalu berusaha sebaik mungkin
jika menghadapi berbagai tantangan atau masalah dalam hidup ini untuk meraih
cita-cita yang diharapkan
26. Perhatikan
kutipan teks berikut!
Pak Nino adalah seorang mantan pegawai pabrik yang sudah pensiun
beberapa tahun. Dia memiliki inisiatif untuk membuka usaha untuk memproduksi
makanan ringan untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan orang-orang di sekitar
dia.
Kutipan teks
inspiratif tersbeut adalah bagian dari...
a.
Pembukaan teks inspirasi
b.
Isi teks inspirasi
c.
Penutupan teks inspirasi
d.
Tema teks inspirasi
27. Perhatikan
kutipan teks berikut!
(1) "Bu, aku malu kepada Allah! Dia hanya menerima 10 ribu
tapi begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau
memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia
yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima
jumlah lebih banyak dari itu namun sedikitpun aku tak berucap hamdalah?”
(2) Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata
dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah
menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba.
Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ....
a.
Resolusi
b.
Orientasi
c.
Komplikasi
d.
Perumitan peristiwa
28. Perhatikan
kutipan teks berikut!
Ketika pria itu
memandangi gajah-gajah itu, ia benar-benar bingung mengapa gajah-gajah itu
tidak hanya menggunakan kekuatan mereka untuk mematahkan tali dan melarikan
diri dari kamp. Mereka dapat dengan mudah melakukannya, tetapi sebaliknya,
mereka tidak berusaha sama sekali.Karena penasaran dan ingin mengetahui
jawabannya, ia bertanya kepada seorang pelatih di dekat situ mengapa
gajah-gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak pernah mencoba melarikan diri.
a.
Resolusi
b.
Orientasi
c.
Komplikasi
d.
Perumitan peristiwa
29. Perhatikan
kutipan teks berikut!
Meskipun
pria itu baik hati, dia tidak mengerti bahwa kepompong yang membatasi dan
perjuangan yang dibutuhkan oleh kupu-kupu untuk bisa menembus lubang kecil;
adalah cara Tuhan untuk memaksakan cairan dari tubuh kupu-kupu ke sayapnya.
Mempersiapkan diri untuk terbang begitu sudah keluar dari kepompong.
Bagian
teks ceita inspirasi tersebut adalah ...
a.
Orientasi
b.
Komplikasi
c.
Resolusi
d.
Koda
30. Perhatikan
kutipan teks berikut!
Pada zaman kuno,
seorang Raja menempatkan sebuah batu besar di jalan. Dia kemudian menyembunyikan
dirinya dan memperhatikan apakah ada orang yang akan memindahkan batu itu.
Beberapa pedagang dan abdi dalem terkaya raja datang dan hanya berjalan
mengelilinginya. Banyak orang dengan keras menyalahkan Raja karena tidak
membersihkan jalan, tetapi tidak ada yang melakukan apa pun untuk menyingkirkan
batu itu. Seorang petani kemudian datang membawa banyak sayuran. Saat mendekati
batu, petani meletakkan sayurannya dan mencoba mendorong batu keluar dari
jalan. Setelah berusaha untuk mendorong dengan segala jerih payahnya, dia
akhirnya berhasil. Setelah petani kembali untuk mengambil sayurannya, dia
melihat sebuah dompet tergeletak di bawah tempat batu itu berada. Dompet itu
berisi banyak koin emas dan catatan dari Raja yang menjelaskan bahwa emas itu
untuk orang yang mengeluarkan batu dari jalan.
Pesan moral dalam
cerita tersebut adalah ....
a.
Perjuangan kita dalam hidup adalah untuk mengembangkan kekuatan kita.
Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat,
jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak
mengandalkan bantuan dari orang lain.
b.
Ketika keadaan kita berubah, begitu juga pikiran kita. Beberapa orang
mungkin tidak dapat melihat keadaan sebelumnya, dan mungkin tidak bisa
menghargai mereka. Ada banyak hal yang bisa diambil dari cerita ini, bukan
hanya satu.
c. Tidak peduli berapa
banyak dunia berusaha untuk menahan Anda, selalu lanjutkan dengan keyakinan
bahwa apa yang ingin Anda capai adalah suatu yang mungkin. Percaya bahwa Anda
bisa menjadi sukses adalah langkah terpenting untuk benar-benar bisa
mencapainya.
d.
Setiap rintangan yang kita temui dalam hidup memberi kita kesempatan
untuk memperbaiki keadaan kita, dan sementara yang malas mengeluh, yang lain
menciptakan peluang melalui hati, kemurahan hati, dan kemauan untuk
menyelesaikan sesuatu.
31. Peragraf di berikut yang merupakan bagian
perumitan peristiwa dalam teks cerita inspiratif dalah ….
a.
“Ayah selalu menasihatiku untuk pergi ke
sekolah. Tapi ketika aku masih di sekolah dasar, beberapa teman sekelas
menertawakan tempat aku tinggal di tempat sampah, tanpa sanitasi yang layak.
Setiap kali aku membuka persediaan makanan selama jam istirahat, mereka
tersentak karena mereka tahu Makanan dari sampah, “katanya.
b.
“Beberapa kelas sangat sulit. Saya harus
mengatur dan menyesuaikan. Kadang-kadang saya tidak bisa terhubung dengan
percakapan teman sekelas karena mereka berbicara tentang kehidupan dengan
keluarga mereka yang sama sekali berbeda dari kehidupan saya, dan tidak ada
pengalaman sekolah menengah yang tidak saya miliki, “Dia berkata.
c.
“Saya tumbuh di tempat pembuangan sampah, di mana saya
membersihkan sampah daur ulang dan botol plastik kosong untuk membantu orang
tua saya mencari nafkah. Kami menjual sisa makanan dan botol ke toko-toko bekas,”
kenang Bayawon. Bayawon akan menghapus sisa makanan dari tempat sampah dan
memasak lagi di rumah. Terlepas dari situasinya, ayah Bayawon berpikir keras di
kepalanya dan harus terus memprioritaskan pendidikan.
d.
Dari membersihkan tempat pembuangan
akhir hingga mendapatkan gelar sarjana, Bayawon telah mengambil langkah besar.
Dia juga berencana untuk menggunakan gelar dan pengalaman mengajarnya untuk
membantu banyak orang bergerak menuju masa depan yang lebih baik.
32. Perhatikan kalimat berikut!
1)
Pria itu tidak memikirkan apa-apa
tentang itu dan duduk di sana menunggu sayap membesar untuk membantu kupu-kupu.
Tetapi hal itu tidak terjadi. Kupu-kupu menghabiskan sisa hidupnya tidak bisa
terbang, merangkak dengan sayap kecil dan tubuh bengkak.
2)
Meskipun pria itu baik hati, dia tidak
mengerti bahwa kepompong yang membatasi dan perjuangan yang dibutuhkan oleh
kupu-kupu untuk bisa menembus lubang kecil; adalah cara Tuhan untuk memaksakan
cairan dari tubuh kupu-kupu ke sayapnya. Mempersiapkan diri untuk terbang
begitu sudah keluar dari kepompong.
3)
Suatu hari sebuah celah kecil muncul.
Dia duduk dan memperhatikan kupu-kupu itu selama beberapa jam ketika ia
berusaha memaksakan tubuhnya melewati lubang kecil itu.
4)
Maka lelaki itu memutuskan untuk
membantu kupu-kupu itu. Dia mengambil gunting dan memotong kepompong yang
tersisa. Kupu-kupu kemudian muncul dengan mudah, meskipun memiliki tubuh
bengkak dan sayap kecil yang layu
Bagian kompilikasi pada teks cerita
tersebut ditandai dengan nomor….
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
33. Perhatikan kalimat berikut!
1)
Rancang peristiwa-peristiwa utama yang
akan ditampilkan dalam bentuk skema alur
2)
Bagi peristiwa utama itu ke dalam
bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita
3)
Tentukan tema dan amanat yang akan
disampaikan
4)
Tetapkan sasaran pembaca
5)
Rincian peristiwa-peristiwa utama ke
dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung
6)
Susun tokoh dan perwatakan, latar, dan
sudut pandangan
Susunan
langka-langkh menyusun teks
cerita inspirasi, yang tepat adalah ....
a.
(4) - (3)
- (2) - (1) – (6) – (5)
b.
(3) - (4) - (5) - (6) – (1) – (2)
c.
(3) - (4)
- (1) - (2) – (5) – (6)
d.
(4) - (2) - (3) - (1) – (5) – (6)
34. Perhatikan
kutipan teks berikut!
1)
Tentunya hal tersebut
akan membuat orang lain merasa curiga melihatnya.
2)
Namun nyatanya
dugaannya salah besar, ternyata anak-anak sekolah tersebut sedang
membagi-bagikan baju bekas dan makanan kepada seorang bapak tunawisma yang
biasanya sering berkeliaran di kawasan sekolah.
3)
Bisa saja orang
mencurigai segerombolan anak tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan seperti
merokok.
4)
Jika Anda melihat
perbuatan anak-anak tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut
membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan?
5)
Pada suatu hari,
terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya
ketika waktu istirahat tiba.
Susunan
yang tepat kutipan cerita inspiratif tersebut adalah....
a.
(5) - (1) - (3) - (2)
- (4)
b.
(5) - (3) - (4) - (2)
- (1)
c.
(5) - (2) - (1) - (3)
- (4)
d.
(5) - (4) - (2) - (3)
- (1)
35. Perhatikan
kutipan teks berikut!
1)
Ketika pria itu memandangi gajah-gajah
itu, ia benar-benar bingung mengapa gajah-gajah itu tidak hanya menggunakan
kekuatan mereka untuk mematahkan tali dan melarikan diri dari kamp. Mereka
dapat dengan mudah melakukannya, tetapi sebaliknya, mereka tidak berusaha sama
sekali.
2)
Ketika mereka (gajah) masih sangat
muda dan kecil kita gunakan tali dengan ukuran yang sama untuk mengikat mereka
hingga saat ini. Semakin besar gajah tersebut, mereka masih percaya tidak bisa
kabur dari tali tersebut dan dapat menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah
mencoba untuk kabur.
3)
Seorang pria sedang berjalan melalui
kamp gajah, dan dia melihat bahwa gajah tidak disimpan di dalam kandang atau
ditahan dengan menggunakan rantai.
4)
Semua yang menahan mereka untuk keluar
dari kamp, adalah hanya seutas tali yang diikat ke salah satu kaki mereka.
Susunan
yang tepat kutipan cerita inspiratif tersebut adalah ....
a.
(4) - (3) - (2) - (1)
b.
(3) - (4) - (1) - (2)
c.
(3) - (1) - (2) - (4)
d.
(4) - (2) - (3) - (1)
36. Perhatikan kutipan teks berikut ini.
Dalam diskusi ini, saya tidak menyetujui pendapat Anda. Pendapat dari
Anda tentang menghadapi masalah yang sedang dihadapi tidak relevan dengan
kenyataan yang sebenarnya.
Kutipan teks tersebut
bukanlah teks inspirasi karena....
a.
Ejaan yang digunakan salah
b.
Tidak ada nama penulis teks
c.
Tidak ada simpulan teks
d.
Menggambarkan tentang pendapat seseorang yang menolak
pendapat dari orang lain yang biasanya ada di dalam teks diskusi
37. Perhatikan
kutipan teks berikut ini.
Demikianlah kisah Bu Jihan dalam meraih kesuksesan yang diusahakannya.
Semoga kisah ini bisa menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi semua orang.
Kekurangan dari
kutipan bagian penutupan teks inspirasi tersebut adalah....
a.
Tidak ada kata penutup
b.
Tidak ada solusi dan pesan dari permasalahan yang
terjadi dalam kisah inspirasi
c.
Tidak dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan teks
d.
Tidak ada perbaikan dari aspek ejaan dan pilihan kata
38. Sebuah teks
inspirasi dapat dijadikan sumber inspirasi dengan alasan....
a.
Cerita lebih mudah dijual ke penerbit
b.
Terdapat beberapa hal yang terjadi dalam kisah
inspirasi dapat dijadikan contoh teladan bagi pembaca atau pendengar
c.
Cerita lebih mudah dijadikan skenario film
d.
Cerita lebih mudah ditulis ulang
39.
Perhatikan pernyataan berikut!
1)
Kebenarannya dapat
dibuktikan dan diverifikasi oleh siapapun
2)
Pernyataan opini
umumnya berupa saran, gagasan, nasihat, pendapat atau argumen pribadi.
3)
Secara umum dapat
menjawab pertanyaan 5W1H (what, where, when, who, why dan how)
4)
Bersifat spekulatif
atau mengira-ngira
5)
Informasi diperoleh dari
kejadian yang nyata.
6)
Mengandai-andai dan
biasanya menggunakan kata atau frasa seperti mungkin, saya
kira, jika, kalau dsb
Pernyatan tersebut
yang merupakan ciri alimat berfakta ditandai dengan nomor …
a.
(2) - (3) - (5)
b.
(1)
- (3) - (5)
c.
(2)
- (5) - (6)
d.
(1) - (2) - (6)
40.
Perhatikan paragraph berikut!
1) Ketika pria itu memandangi gajah-gajah itu, ia
benar-benar bingung mengapa gajah-gajah itu tidak hanya menggunakan kekuatan
mereka untuk mematahkan tali dan melarikan diri dari kamp. 2) Mereka dapat dengan
mudah melakukannya, tetapi sebaliknya, mereka tidak berusaha sama sekali. 3) Karena penasaran
dan ingin mengetahui jawabannya, ia bertanya kepada seorang pelatih di dekat
situ mengapa gajah-gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak pernah mencoba
melarikan diri. 4) Kemudian
sang pelatih menjawab,
Kata keterangan waktu dalam penggalan cerita tersebut terdapat pada
kalimat ….
a. A. (1)
b. B. (2)
c. C. (3)
d. D. (4)
B. Uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1.
Jelaskan struktur teks cerita inspirasi
2.
Perhatikan teks cerita berikut!
Seorang pria
menemukan kepompong kupu-kupu. Suatu
hari sebuah celah kecil muncul. Dia duduk dan memperhatikan kupu-kupu itu
selama beberapa jam ketika ia berusaha memaksakan tubuhnya melewati lubang
kecil itu. Maka lelaki itu memutuskan untuk membantu kupu-kupu itu. Dia
mengambil gunting dan memotong kepompong yang tersisa. Kupu-kupu kemudian
muncul dengan mudah, meskipun memiliki tubuh bengkak dan sayap kecil yang layu,
Pria itu tidak memikirkan apa-apa tentang itu dan duduk di sana menunggu sayap
membesar untuk membantu kupu-kupu. Tetapi hal itu tidak terjadi. Kupu-kupu
menghabiskan sisa hidupnya tidak bisa terbang, merangkak dengan sayap kecil dan
tubuh bengkak.
Tuliskan pesan moral dari cerita inspiratif tersebut!
3.
Perhatikan teks cerita berikut!
1)
“Saya tumbuh di tempat pembuangan sampah, di
mana saya membersihkan sampah daur ulang dan botol plastik kosong untuk
membantu orang tua saya mencari nafkah. Kami menjual sisa makanan dan botol ke
toko-toko bekas,” kenang Bayawon.
2)
Yayasan memberinya persyaratan yang
diperlukan untuk sekolah, termasuk uang sekolah, uang saku dan akomodasi.
Bayawang meninggalkan tempat pembuangan sampah. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar
di sebuah sekolah lokal di kota, ia mengadopsi sistem pembelajaran alternatif
sehingga ia dapat menerima pendidikan tinggi di usianya.
3)
Dari membersihkan tempat pembuangan
akhir hingga mendapatkan gelar sarjana, Bayawon telah mengambil langkah besar.
Dia juga berencana untuk menggunakan gelar dan pengalaman mengajarnya untuk
membantu banyak orang bergerak menuju masa depan yang lebih baik.
4)
“Ayah selalu menasihatiku untuk pergi
ke sekolah. Tapi ketika aku masih di sekolah dasar, beberapa teman sekelas
menertawakan tempat aku tinggal di tempat sampah, tanpa sanitasi yang layak.
Setiap kali aku membuka persediaan makanan selama jam istirahat, mereka
tersentak karena mereka tahu Makanan dari sampah, “katanya.
5)
Menghabiskan masa kecilnya
mengumpulkan botol plastik kosong yang tersisa tidak menghentikan lelaki
Filipina itu untuk memenuhi mimpinya. Meskipun dia tidak mengharapkannya,
sekarang dia berhasil mengenakan topi bowler dan lulus dari perguruan tinggi.
Susunlah penggalan-penggalan cerita
tersebut menjadi susunan yang benar!
4.
Tuliskan 2 kalimat yang neggunakan konjungsi yang menyatakan perlawanan!
5.
Perhatikan gamber berikut!
Buatlah
paragraf berupa isu berdasarkan gambar
tersebut!
Selamat mengerjakan!
No comments:
Post a Comment