PTS KELAS 7


PENILAIAN TENGAH SEMESTER

Jenis Teks           : SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS
Kelas/Semester   : VII/ Semester 2



A.  Pilihlah jawaban yang tepat!
Perhatikan penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan nomor 2!
Salam rindu.
Hai, Helda. Bagaimana kabarmu ? Semoga kamu dan keluargamu dalam keadaan sehat. Keadaanku dan juga keluargaku juga sehat.
1.   Berdasarkan kepentingannya, cuplikan tersebut termasuk jenis surat....
A.    pribadi
B.    tidak resmi
C.    permohonan
D.    pemberitahuan

2.   Teks surat tersebut berisikan....
A.    pengharapan
B.    permintaan
C.    persahabatan
D.    perkenalan

Perhatikan penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 3 dan nomor 4!
Dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, kami, atas nama OSIS SMP YPMII, akan melakukan kegiatan terkait dengan hal tersebut. Oleh karena itu, kami berharap Bapak Ketua Masjid Jami Al-Anwar mengizinkan kami untuk mengadakan acara tersebut di masjid yang Bapak ketuai.
3.   Penggalan surat di atas berisi....
A.  permintaan tempat
B.  permohonan izin
C.  permohonan dana
D.  permohonan maaf

4.   Berdasarkan sifatnya, penggalan surat tersebut termasuk jenis surat....
A.    dinas
B.    niaga
C.    resmi
D.    pribadi

Perhatikan penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 5 dan nomor 6!
Kedatangan Bapak/Ibu dalam acara malam kesenian adalah suatu kehormatan bagi kami. Sebagai panitia. Selain hal tersebut, jika Bapak/Ibu masih berkenan menyisihkan sebagian dana untuk malam kesenian, kami siap menjemput di kantor atau di rumah.
5.   Penggalan teks tersebut merupakan bagian surat....
A.    permohonan
B.    undangan
C.    pemberitahuan
D.    pengumuman



6.   Maksud kutipan surat undangan tersebut adalah ...
A.  edaran mengharapkan kehadiran para donatur.
B.  permohonan sumbangan dana malam kesenian.
C.  undangan siap menjemput dari rumah atau kantor.
D.  panitia diberi kehormatan atas kehadirannya.

7.   Bacalah penggalan teks berikut ini!
Sahabatku tersayang,
Alangkah senangnya hatiku menerima ucapan selamat ulang tahun darimu. Mula-mula aku memang bertanya-tanya dalam hati, mengapa sahabat yang kusayangi tidak datang pada pesta ulang tahunku. Setelah menerima surat darimu, barulah aku mengerti alasan kamu tidak datang.
Sahabatku, terima kasih atas suratmu. Surat yang datang menemaniku untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepadaku. Tentu saja permintaan maafmu aku terima dengan tulus. Tidak perlu risau dengan ketidakhadiranmu itu. Namanya juga dalam kesusahan.
Maksud isi surat pribadi di atas adalah …
A.    pemberian maaf
B.    permohonan maaf
C.    permintaan maaf
D.    penyampaian maaf

8.   Buat sahabatku
Tri Lesmanawati,
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Aku sudah rindu ingin bertemu denganmu. Kapan kamu main ke Bandung? Tentunya aku akan senang jika kamu mau mampir ke rumahku. Kamu akan saya ajak jalan-jalan di kotaku. Begitu juga jika aku berlibur ke Bogor aku akan mampir ke rumahmu juga.
Sekian dulu ya, kutunggu kedatanganmu di Bandung.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Salam rindu

Dinar Triansyah
Kalimat pembuka surat tersebut adalah…
A.    Bagaimana kabarmu? Semenjak aku tinggal di Bogor, aku selalu ingat padamu. Aku dalam keadaan sehat dan semoga kamu pun beserta keluarga selalu sehat.
B.    Bagaimanapun kau adalah sahabatku. Aku akan selalu membalas surat-suratmu walaupun terlambat. Mohon maaf dan terima kasih atas perhatianmu.
C.    Tri aku masih banyak tugas dari sekolah karena menjelang ujian nasional. Aku sambung lagi di lain kesempatan. Jangan lupakan aku ya!
D.    Tri sudah lama kita tidak bertemu. Apa kabarmu? Aku di Bandung dalam keadaan sehat. Semoga kamu pun beserta keluarga sehat selalu.

9.   Cermati ilustrasi berikut!
Rounded Rectangle: Rustam yang tinggal di Medan akan ke Yogyakarta pada liburan akhir semester untuk menonton pertandingan sepak bola tim kesayangannya melawan PSIM. Ia menulis surat untuk Heru sahabatnya yang tinggal di Yogyakarta. Ia meminta Heru untuk menemaninya selama berada di Yogyakarta.
 








Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
  1. Heru, liburan akhir semester aku akan ke Yogyakarta. Aku ingin berjalan-jalan ke Malioboro. Kamu maukan menemaniku?
  2. Tunggu aku di Yogyakarta ya, Her! Aku akan ke Yogyakarta liburan akhir semester ini, aku akan menonton sepak bola. Kau mau menemani aku?
  3. Heru, liburan akhir semester ini aku akan ke Yogyakarta untuk menonton pertandingan sepak bola tim kesayanganku. Kau temani aku ya, selama aku di Yogyakarta!
  4. Jangan lupa jemput aku, Her! Aku akan naik pesawat dari Medan. Aku akan menonton sepak bola tim kesayanganku. Kamu menemani aku, ya!

10. Bacalah surat undangan berikut!
Dengan hormat,
Kami beritahukan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah bahwa MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri dan Swasta se-kecamatan Bojonggede akan mengadakan pertemuan anggota.
_____________
hari, tanggal            : Senin, 16 Desember 2019
waktu                      : Pukul 08.00 – selesai
tempat                    : SMP Negeri 1 Bojonggede

Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi surat tersebut adalah …
A.    Kami beritahukan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar memberi tugas kepada guru-guru pada
B.    Demikian pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu Kepala Sekolah menugasi para guru pada :
C.    Sehubungan dengan  hal tersebut, kami mohon Bapak/Ibu Kepala Sekolah menugaskan guru bahasa Indonesia untuk hadir pada
D.    Kami mohon Bapak/Ibu Kepala Sekolah berkenan menugasi saya hadir pada :

11. Diantara penggalan surat di bawah ini yang merupakan surat permohonan izin menggunakan tempat olah raga adalah…
  1. Yang bertanda tangan di bawah ini, panitia penyelenggara pertandingan bola basket antar pelajar tingkat SMP sekota Bogor, dengan ini mengajukan permohonan izin kepada Bapak untuk mengadakan pertandingan bola basket di gedung olah raga yang Bapak kelola, Kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 4 Maret 2007. Atas perhatian dan izin Bapak, Kami mengucapkan terima kasih.
  2. Dalam rangka reuni pelajar SMPN 20 tamatan tahun 2000, kami panitia reuni akan menyelenggarakan pameran kerajinan tangan di Gedung Sasana Karya, tanggal 20 April 2007 dari pukul 08.00 – 22.00. Sehubungan dengan itu, kami mohon Bapak berkenan memberikan izin untuk menyelenggarakan pameran tersebut.
  3. Dengan ini saya sampaikan kepada Bapak bahwa anak saya yang bernama Doni, kelas 1A, tidak dapat hadir di sekolah hari ini karena sakit. Oleh karena itu, saya mohon izin sakit dari Bapak/Ibu sampai anak kami sembuh. Demikian saya sampaikan terlebih dahulu diucapkan terima kasih.
  4. Dalam rangka perpisahan siswa-siswi SMPN 20 kelas III tahun Ajaran 2004/2005 kami dari panitia perpisahan mengajukan permohonan kepada Bapak untuk memakai Gedung Kesenian pada tanggal 1 Juni 2005. Demikian permohonan ini kami sampaikan kepada Bapak. Atas perhatian dan izin Bapak kami sampaikan terima kasih


12. Ananda tercinta, surat Ananda sudah ayah dan ibu terima. Maksudnya pun sudah ayah-ibu pahami. Namun, ayah dan ibu tidak bisa memenuhi segala permintaan Ananda. Insya Allah jika ada rezeki lebih, permintaan Ananda akan ayah kabulkan, bersabarlah dahulu.
     Penggalan surat tersebut mengekspresikan…
A.  orang tua itu menyetujui dan akan mengabulkan permintaan anaknya.
B.  permintaan anaknya akan dikabulkan jika dapat rezeki lebih.
C.  permintaan anaknya dikabulkan sebagian.
D.  ananda diminta bersabar.

13. Eh, ngomong-ngomong kok suratku yang kemarin tidak kamu balas, lagi sibuk ya? Aku juga sibuk nih. Banyak tugas dari sekolah yang harus aku selesaikan, tetapi aku sempatkan menulis surat buatmu demi kelancaran silaturahmi kita. Makanya, aku ingin kamu membalas suratku ini!
__________________________________________________________
Bagian penutup surat pribadi tersebut yang tepat adalah …
A.    Demikian surat saya. Cukup sekian dan terima kasih. Sampai jumpa.
B.    Cukup ini dulu ya. Maaf kalau dada kata-kata yang kurang berkenan di hati.
C.    Sudah dulu ya, jangan lupa sisihkan waktu tuk balas suratku. Terima kasih.
D.    Saya sudahi surat ini dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika ada salah.

Bacalah surat berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 2 !
Jakarta, 29 Januari 2020
Nomor              :
Lampiran           :
Perihal              : Undangan Rapat OSIS

(1) __________
Menindaklanjuti hasil rapat Persiapan kegiatan LDKS, kami bermaksud mengundang Saudara untuk hadir pada
(2) __________
Mengingat pentingnya acara tersebut, kami mengharapkan kehadiran Saudara tepat waktu.
14. Penulisan yang tepat untuk melengkapi tanda nomor (1) pada kutipan surat tersebut adalah …
A.    Kepada Yth:
Pengurus OSIS SMP Mekar Mewangi
di Jakarta
B.    Kepada:
Yth Pengurus OSIS SMP Mekar Mewangi
di Jakarta
C.    Yth. Pengurus OSIS SMP Mekar Mewangi
di Jakarta
D.    Yth:
Pengurus OSIS SMP Mekar Mewangi
di Jakarta.

15. Bagian yang tepat untuk melengkapi tanda nomor (2) pada kutipan surat tersebut adalah …
A.    hari/tanggal       : Kamis, 30 Januari 2020
waktu                : Pukul 14.00 – 16.00
tempat              : Laboratorium IPA
B.    hari/tanggal       : Kamis, 30 Januari 2020
waktu                : Pukul 14.00 – selesai
tempat              : Ruang UKS


C.    hari/tanggal       : Jumat, 31 Januari 2020
waktu                : Pukul 14.00 – 16.00
tempat              : Ruang OSIS
D.    hari/tanggal       : Jumat, 31 Januari 2020
waktu                : Pukul 14.00 – selesai
tempat              : Ruang Media

Perhatikan penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 16 dan nomor 17!
 Dengan hormat,

            Sehubungan dengan berakhirnya masa bakti Pengurus Komite Sekolah, kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri rapat pemilihan Pengurus Komite yang baru. Adapun rapat tersebut akan dilaksankan pada
Hari/Tanggal      : Senin, 27 Januari 2020
Waktu               : pukul 08.00 s.d. 12.00
Tempat             : Aula SMP Al Hidayah
16. Bagian penutup surat tersebut yang tepat adalah …
A.    Mengingat pentingnya acara tersebut, kehadiran Bapak/Ibu semua sangat kami harapkan.
B.    Atas perhatian Bapak/Ibu dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih.
C.    Mengingat masa bakti pengurus komite lama sudah berakhir, kehadiran Bapak/Ibu sangat kami harapkan.
D.    Atas perhatian Bapak/Ibu tentang masa bakti komite lama, kami ucapkan terima kasih.

17. Perbaikan penulisan isi surat tersebut yang tepat adalah …
A.    Hari/tanggal      : senin, 27 januari 2020
Waktu               : jam 08.00 s/d 12.00
Tempat             : Aula SMP Al Hidayah

B.    hari/tanggal       : Senin, 27 Januari 2020
waktu                : pukul 08.00 s.d. 12.00
tempat              : Aula SMP Al Hidayah

C.    hari/tanggal       : senin, 27 januari 2020
WAKTU             : jam 08.00 s.d. 12.00
tempat              : Aula SMP Al Hidayah

D.    Hari/tanggal      : Senin, 27 Januari 2020
Waktu               : Pukul 08.00 s.d. 12.00
Tempat             : Aula SMP Al Hidayah

18. Cermatilah kutipan surat berikut!

Gerakan Pramuka Sunda Kelapa bermaksud mengadakan bakti sosial di lingkungan yang baru saja dilanda banjir. Bakti sosial ini sebagai wujud pengamalan Dasa Darma Pramuka kedua yaitu Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Untuk itu kami menawarkan kerja sama kepada gerakan Pramuka Wijaya Kusuma. Kami mengharapkan balasan secepatnya.


Bagian isi surat balasan yang tepat untuk kutipan surat tersebut adalah ....
  1. Gerakan Pramuka Wijaya Kusuma merasa tersanjung ditawari kerja sama untuk acara bakti sosial sebagai pengamalan Dasa Darma kedua, tetapi mengapa harus di lingkungan yang baru dilanda banjir?
  2. Kami atas nama gerakan Pramuka Wijaya Kusuma menyatakan siap bekerja sama pada acara bakti sosial. Kami berharap ada pertemuan sebelum pelaksanaan bakti sosial untuk membicarakan rencana tersebut.
C.    Gerakan Pramuka Wijaya Kusuma ingin bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Sunda Kelapa untuk membantu masyarakat yang dilanda banjir sebagai pengamalan Dasa darma kedua.
D.    Kami, atas nama Gerakan Pramuka Wijaya Kusuma akan melakukan bakti sosial dengan Gerakan Pramuka Sunda Kelapa untuk mewujudkan Dasa Darma kedua.

PENILAIAN TENGAH SEMESTER

Jenis Teks           : TEKS FABEL/LEGENDA
Kelas/Semester   : VII/ Semester 2


A.  Pilihlah jawaban yang tepat!
Bacalah penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan nomor 2!
Lily dan Hugo adalah saudara sepupu. Keduanya buaya. Hugo lebih tua dari Lily. Tubuhnya pun jauh lebih besar.
Lily melihat Hugo dan burung egyptian polver itu berbicara akrab. Sesekali mereka tertawa. Entah apa yang dibicarakan. Lily tidak tahu pasti. Jarak antara mereka agak jauh. Lagi pula, Hugo dan burung yang bernama Pop itu berbicara dengan suara rendah.
Dikutip dari: Indah Hanaco, “Dan Lily pun Tak Berdaya” dalam 33 Binatang Paling heboh!Fabel Sains untuk Anak Cerdas, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2014.
1.   Penggalan teks tersebut dikategorikan sebagai bagian dari teks fabel karena …
A.  teks tersebut bersifat nonfiksi.
B.  menunjukkan penggambaran karakter dari tokoh tersebut.
C.  tokoh pada cerita fabel umumnya hewan yang bertingkah seperti manusia.
D.  menggunakan kata baku dalam penyampainya.

A.    khayalan
B.    kenyataan
C.    nonfiksi
D.    realita

Bacalah kedua penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 3 sampai dengan nomor 5!
Teks 1
       Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi tidak menemukannya. Tiba-tiba ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya.ia senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu berusaha memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu terlalu sempit untuk kepalanya. Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya.
Gagak itu lalu berpikir keras sebentar. Ketika menengok ke kanan dan ke kiri, ia melihat beberapa kerikil. Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya gagasan yang bagus. Ia pun mulai memunguti kerikil itu satu demi satu, lalu memasukan setiap kerikil itu ke dalam tempayan. Semakin banyak kerikil yang dimasukkan, air pun naik. Oleh karena itu, burung gagak itu bisa meminum air dari tempayan tersebut.
Dikutip:http://www.rumahdongeng.com./cerita-anak.php?id=203

Teks 2
Pada zaman dahulu, hiduplah seorang lelaki bernama Towjatuwa di tepian sungai Tami daerah Papua. Lelaki itu sedang gundah, oleh karena isterinya yang hamil tua mengalami kesulitan dalam melahirkan bayinya. Untuk membantu kelahiran anaknya itu, ia membutuhkan operasi yang menggunakan batu tajam dari Sungai Tami.
Ketika sedang sibuk mencari batu tajam tersebut, ia mendengar suara-suara aneh di belakangnya. Alangkah terkejutnya Towjatuwa ketika ia melihat seekor buaya besar di depannya. Ia sangat ketakutan dan hampir pingsan. Namun saat Towjatuwa hendak melarikan diri, buaya itu menyapanya dengan ramah dan bertanya apa yang sedang ia lakukan. Towjatuwapun menceritakan keadaan isterinya. Buaya ajaib ini pun berkata: "Tidak usah khawatir, saya akan datang ke rumahmu nanti malam. Saya akan menolong isterimu melahirkan." Towjatuwa pulang menemui isterinya. Dengan sangat berbahagia, iapun menceritakan perihal pertemuannya dengan seekor buaya ajaib.

Malam itu, seperti yang dijanjikan, buaya ajaib itu pun memasuki rumah Towjatuwa. Dengan kekuatan ajaibnya, buaya yang bernama Watuwe itu menolong proses kelahiran seorang bayi laki-laki dengan selamat. Ia diberi nama Narrowra. Watuwe meramalkan bahwa kelak bayi tersebut akan tumbuh menjadi pemburu yang handal.

3.   Pernyataan yang benar berdasarkan penggalan kedua teks tersebut adalah...
A.    teks 1 merupakan fabel, sedangkan teks 2 merupakan dongeng.
B.    teks 1 merupakan cerita fiksi, sedangkan teks 2 merupakan cerita nonfiksi.
C.    teks 1 merupakan fabel, sedangkan teks 2 merupakan legenda.
D.    teks 1 merupakan cerita realita, sedangkan teks 2 merupakan cerita khayalan.

4.   Alasan tokoh gagak tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam tempayan pada teks 1 adalah...
A.    karena airnya ada di dalam tempayan.
B.    karena leher tempayan terlalu sempit.
C.    karena kepala gagak terlalu besar.
D.    karena airnya terlalu sedikit.

5.   Gagak memunguti kerikil pada cerita di teks 1 dengan tujuan untuk...
A.    melempari tempayan agar pecah.
B.    melempari mangsanya.
C.    dimasukkan ke dalam tempayan.
D.    dimasukkan ke dalam mulutnya.

Cermati kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 6 sampai nomor 8!
 (1) Secara bersamaan dua ekor kambing jantan dari arah berlawanan berjalan menyeberangi sebuah titian. (2) Titian  tersebut hanya cukup untuk dilewati seekor binatang. (3) Ketika keduanya bertemu di tengah, tak ada yang mau mundur atau rela mengalah. (4) Mereka menyarankan tanduk satu sama lain, sampai kemudian keduanya jatuh ke tengah arus sungai dan tenggelam.

6.   Makna kata titian pada kutipan fabel tersebut adalah....
A.    tempat berpijak
B.    jembatan kecil dari sebatang papan atau kayu
C.    jalan sempit di tepi sungai
D.    jembatan besi yang kokoh

7.   Makna simbol tokoh kambing dalam fabel tersebut adalah....
A.    egoistis
B.    berkuasa
C.    serahkah
D.    sombong

8.   Watak kedua kambing yang keras kepala terdapat pada kalimat ke....
A.     1
B.     2
C.     3
D.     4

Bacalah kutipan fabel berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
(1)  Seekor kepompong sedang menangis dan bersedih akan apa yang terjadi di sebuah pohon yang tumbang. “Hu… hu… betapa sedihnya, diterjang badai, tapi tak ada tempat untuk berlindung. Huhu…,” sedih sang kepompong.
(2)   Dari balik tanah muncullah seekor semut berkata, “Hai kepompong, lihatlah aku! Aku terlindungi dari badai kemarin. Tidak seperti kau yang ada di atas tanah. Tubuhmu hanya menempel di pohon dan tidak bisa berlindung. ”Pada suatu hari si semut berjalan di atas lumpur hidup yang bisa menelannya. “Tolooong… Tolooong! Aku terjebak di lumpur hidup,” teriak semut. Terdengar suara dari atas, “Sepertinya kamu sedang kesulitan, semut?”
(3)  Si semut menengok ke atas mencari sumber suara. Ternyata suara itu berasal dari seekor kupu-kupu yang terbang di atas lumpur. “Siapa kau?” tanya si semut galau. “Aku adalah kepompong yang waktu itu kau hina,” jawab si kupu-kupu. Semut merasa malu dan minta bantuan si kupu-kupu untuk menolongnya dari lumpur hidup.
(4) “Tolong aku, kupu-kupu! Aku minta maaf,” ucap semut .Si kupu-kupu akhirnya menolong semut dan semut pun selamat.

9.   Sudut pandang pengarang dalam kutipan fabel tersebut adalah…
A.    orang ketiga serbatahu.
B.    orang pertama pelaku utama.
C.    orang ketiga sebagai pengamat.
D.    orang pertama pelaku sampingan.

10. Ringkasan dongeng tersebut yang paling tepat adalah…
A.    Seekor kupu-kupu tertimpa pohon sehingga menangis. Sementara semut tertawa-tawa mengejek kepompong karena tidak bisa menyelamatkan diri. Ketika semut tidak bisa berjalan, ia meminta tolong kepompong agar menolongnya dari dalam lumpur.
B.    Tidak disangka seekor kepompong terjebak badai dan tertimpa pohon hingga menangis dan bersedih karena tidak ada yang menolong. Tiba-tiba muncul semut dari balik tanah dan ia pun mengatakan bahwa ia selamat. Kemudian seekor kupu-kupu terbang di atas lumpur dan menolong semut.
C.    Seekor kepompong berlindung di balik tanah karena diterjang badai. Kemudian dari balik tanah muncul seekor semut. Semut itu dapat berlindung. Keesokan harinya semut terjebak di dalam lumpur dan meminta bantuan seekor kupu-kupu untuk menolongnya.
D.    Seekor kepompong menangis dan bersedih karena diterjang badai. Pada saat itu muncul seekor semut dan mengejeknya karena kepompong tidak bisa berlindung. Pada saat semut berjalan di atas lumpur, dia merasa dalam bahaya dan meminta tolong pada kupu-kupu. Akhirnya kupu-kupu menolongnya.

11. Komentar yang logis untuk kutipan fabel tersebut adalah…
A.    Sebaik-baiknya perilaku tokoh suatu saat akan dibawa oleh tokoh lain dengan kejahatan.
B.    Wajar saja tokoh berbuat jahat karena semata-mata ingin menyelamatkan diri sendiri.
C.    Kita dapat mengambil nilai kehidupan bahwa tidak selamanya kejahatan dibalas dengan kejahatan.
D.    Sepantasnya tokoh yang jahat diberi hukuman agar tidak berbuat kejahatan lagi.

12. Latar tempat kutipan fabel  tersebut adalah…
A.    di kebun.
B.    di hutan.
C.    di sungai.
D.    di danau.


13. Bacalah kutipan teks berikut!
 “Hore!” Teriak para serangga ketika melihat kodok-kodok itu pergi. Sambil menari-nari mereka mengangkat tubuh Paman Belalang dan melempar-lemparnya ke udara. Kakek Cacing mengucapkan terima kasih kepada Paman Belalang yang sudah menyelamatkan desa. Semenjak itu, Paman Belalang tidak menjadi pemurung lagi. Ia menyadari dirinya masih berguna walaupun telah kehilangan kakinya. Setiap malam ia pun bergabung dengan para serangga lainya untuk berpesta. Paman Belalang selalu bermain gitar dan bernyanyi riang. Para serangga pun sangat menyukainya. Begitu juga dengan Lodi dan Roro yang sekarang menjadi sahabat paman. Mereka selalu ikut berpetualang dengan Paman Belalang dan perahunya.
Kutipan teks cerita tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian….
A.    orientasi
B.    komplikasi
C.    resolusi
D.    koda

14. Perhatikan kutipan fabel berikut!
Pesan moral yang dapat di ambil dari fabel tersebut ialah kita jangan pernah menganggap remeh orang lain. Setiap orang memilki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Kesombongan suatu saat akan dikalahkan oleh kerendahan hati.
Penggalan fabel diatas termasuk struktur fable pada bagian….
A.    orientasi
B.    komplikasi
C.    resolusi
D.    koda

15.  Perhatikan kalimat berikut!
1)      Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman.
2)      Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur.
3)      Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
4)      Kepompong hanya bisa menggantung di ranting itu.
Kalimat yang mengandung kata keterangan waktu dan tempat adalah . . . .
A.    1 dan 2
B.    2 dan 3
C.    1 dan 3
D.    2 dan 4

16. Bacalah kedua kutipan fabel berikut!
Kutipan Fabel 1
Setelah pintu terbuka, semut itu menawarkan bantuan lain. Semut memang ringan tangan.
“Boleh aku merawat kakimu? Sepertinya sakit sekali,” tukasnya.
Yuri tidak punya pilihan selain menyetujuinya. Jika tidak, dia harus menunggu ayah dan ibunya. Padahal, Yuri tidak tahu pasti kapan mereka akan pulang.
Dikutip dari : Indah Hanaco,”Rahasia Kaki Yuri yang Bersih” dalam 33 Bintang Paling Heboh! Fabel Sains untuk Anak Cerdas, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2014.







Kutipan Fabel 2
       Belakangan ini, Rino merasa gembira. Bulu-bulu halus yang ada di dekat mulutnya mulai mengeras dan berubah menjadi cula. Karena Rino seekor badak jawa, dia hanya memiliki satu cula.
       Siang itu, Rino sedang berendam di dalam kubangan yang nyaman. Sinar matahari terasa membakar kulitnya. Rino hampir tertidur ketika mendengar suara keras mirip ledakan.
       Belum sempat hilang kagetnya, tiba-tiba Rino mendengar suara langkah kaki mendekat. Ternyata, itu suara langkah adiknya, Lili.
Dikutip dari : Indah Hanaco,”Persahabatan Angin dan Rino” dalam 33 Bintang Paling Heboh! Fabel Sains untuk Anak Cerdas, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah....

Kutipan Fabel 1
Kutipan Fabel 2
A.
menggunakan ungkapan
menggunakan peribahasa
B.
menggunakan majas
menggunakan ungkapan
C.
menggunakan ungkapan
menggunakan peribahasa
D.
menggunakan ungkapan
menggunakan majas

17. Bacalah cuplikan teks berikut ini!
Dahulu kala, di Kerajaan Kahyangan, ada tujuh puteri yang sangat jelita. Nama-nama mereka diambil dari nama bunga yaitu Mawar, Dahlia, Cempaka, Tanjung, Kenanga, Cendana, dan Melati. Mereka masing-masing mempunyai kesukaan yang berbeda. Di antara mereka yang paling menonjol adalah si bungsu, Melati.
Kata sandang tokoh dalam cuplikan teks tersebut adalah....
A.    sang
B.    hang
C.    si
D.    Melati

18. Perhatikan penggalan cerita berikut!
a)      Kelinci tertidur dan akhirnya kura-kura menang.
b)      Kelinci yang sombong mengejek kura-kura yang jalannya lambat.
c)      Ketika lomba di mulai, kelinci lari dengan cepat dan jauh meninggalkan kura-kura.
d)      Kura-kura menantang kelinci untuk lomba lari.
e)      Kelinci yang sombong yakin kalau dia pasti menang.
f)       Karena kelinci merasa kura-kura sangat jauh, ia beristirahat di bawah pohon.
Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat diatas menjadi sebuah fabel adalah…
A.  a-b-d-f-c-e
B.  b-e-d-f-c-a
C.  b-d-e-c-f-a
D.  b-d-c-e-f-a

19. Bacalah cuplikan teks berikut ini!
Putri Tania sangat cantik. Sayang, sikap Putri Tania tak secantik parasnya. Ia sangatlah nakal. Segala yang ia inginkan harus selalu dituruti. Putri Tania Juga amat jahil. Semua pegawai istana pernah dijahilinya.
Apabila ditempatkan pada susunan drama, kutipan tersebut sebaiknya dikembangkan dalam bagian....
A.    prolog
B.    dialog
C.    monolog
D.    epilog

20. Bacalah cuplikan teks berikut ini!
Tikus semakin ketakutan. Ia coba memberanikan diri berbicara dengan Singa. “Tolonglah, ampuni hamba, Tuan.Jangan bunuh hamba. Mungkin suatu saat Tuan membutuhkan hamba.” Mendengar itu, Singa tertawa.
Dialog tikus harus diungkapan dengan nada....
A.    memelas
B.    merintih
C.    mengerang
D.    menderita


3 comments:

Pendaftaran Instruktur Pembelajaran Sastra berbasis Literasi Digital Bagi Guru

ayo, kita ikutan jadi Instruktur Pembelajaran Sastra berbasis Literasi digital bagi guru , jangan sampai ketinggalan ya! JAdi kesempatan bes...