PENILAIAN TENGAH SEMESTER
Jenis Teks : SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS
Kelas/Semester : VII/ Semester 2
A.
Pilihlah jawaban yang tepat!
Perhatikan
penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan nomor 2!
Salam rindu.
Hai, Helda. Bagaimana kabarmu ? Semoga kamu dan
keluargamu dalam keadaan sehat. Keadaanku dan juga keluargaku juga sehat.
1. Berdasarkan kepentingannya, cuplikan tersebut termasuk
jenis surat....
A. pribadi
B. tidak resmi
C. permohonan
D. pemberitahuan
2. Teks surat tersebut berisikan....
A. pengharapan
B. permintaan
C. persahabatan
D. perkenalan
Perhatikan
penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 3 dan nomor 4!
Dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, kami,
atas nama OSIS SMP YPMII,
akan melakukan kegiatan terkait dengan hal tersebut. Oleh
karena itu, kami berharap Bapak Ketua Masjid Jami Al-Anwar mengizinkan kami
untuk mengadakan acara tersebut di masjid yang Bapak ketuai.
3. Penggalan surat di atas berisi....
A. permintaan tempat
B. permohonan izin
C. permohonan dana
D. permohonan maaf
4. Berdasarkan sifatnya, penggalan surat tersebut termasuk
jenis surat....
A. dinas
B. niaga
C. resmi
D. pribadi
Perhatikan
penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 5 dan nomor 6!
Kedatangan Bapak/Ibu dalam acara malam kesenian adalah
suatu kehormatan bagi kami. Sebagai panitia. Selain hal tersebut, jika
Bapak/Ibu masih berkenan menyisihkan sebagian dana untuk malam kesenian, kami
siap menjemput di kantor atau di rumah.
5. Penggalan teks tersebut merupakan bagian surat....
A. permohonan
B. undangan
C. pemberitahuan
D. pengumuman
6. Maksud kutipan surat undangan tersebut adalah ...
A. edaran mengharapkan kehadiran para donatur.
B. permohonan sumbangan dana malam kesenian.
C. undangan siap menjemput dari rumah atau kantor.
D. panitia diberi kehormatan atas kehadirannya.
7. Bacalah penggalan
teks berikut ini!
Sahabatku tersayang,
Alangkah
senangnya hatiku menerima ucapan selamat ulang tahun darimu. Mula-mula aku
memang bertanya-tanya dalam hati, mengapa sahabat yang kusayangi tidak datang
pada pesta ulang tahunku. Setelah menerima surat darimu, barulah aku mengerti
alasan kamu tidak datang.
Sahabatku,
terima kasih atas suratmu. Surat yang datang menemaniku untuk mengucapkan
selamat ulang tahun kepadaku. Tentu saja permintaan maafmu aku terima dengan
tulus. Tidak perlu risau dengan ketidakhadiranmu itu. Namanya juga dalam
kesusahan.
Maksud isi surat
pribadi di atas adalah …
A. pemberian maaf
B. permohonan maaf
C. permintaan
maaf
D. penyampaian
maaf
8. Buat
sahabatku
Tri
Lesmanawati,
Assalamu’alaikum
Wr.Wb.
…
Aku
sudah rindu ingin bertemu denganmu. Kapan kamu main ke Bandung? Tentunya aku
akan senang jika kamu mau mampir ke rumahku. Kamu akan saya ajak jalan-jalan di
kotaku. Begitu juga jika aku berlibur ke Bogor aku akan mampir ke rumahmu juga.
Sekian
dulu ya, kutunggu kedatanganmu di Bandung.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb.
Salam
rindu
Dinar
Triansyah
Kalimat pembuka surat
tersebut adalah…
A.
Bagaimana kabarmu? Semenjak aku tinggal di
Bogor, aku selalu ingat padamu. Aku dalam keadaan sehat dan semoga kamu pun
beserta keluarga selalu sehat.
B.
Bagaimanapun kau adalah sahabatku. Aku akan
selalu membalas surat-suratmu walaupun terlambat. Mohon maaf dan terima kasih
atas perhatianmu.
C.
Tri aku masih banyak tugas dari sekolah
karena menjelang ujian nasional. Aku sambung lagi di lain kesempatan. Jangan
lupakan aku ya!
D.
Tri sudah lama kita tidak bertemu. Apa
kabarmu? Aku di Bandung dalam keadaan sehat. Semoga kamu pun beserta keluarga
sehat selalu.
9. Cermati
ilustrasi berikut!
![]() |
Isi surat pribadi
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
- Heru, liburan akhir
semester aku akan ke Yogyakarta. Aku ingin berjalan-jalan ke Malioboro.
Kamu maukan menemaniku?
- Tunggu aku di Yogyakarta
ya, Her! Aku akan ke Yogyakarta liburan akhir semester ini, aku akan
menonton sepak bola. Kau mau menemani aku?
- Heru, liburan akhir
semester ini aku akan ke Yogyakarta untuk menonton pertandingan sepak bola
tim kesayanganku. Kau temani aku ya, selama aku di Yogyakarta!
- Jangan lupa jemput aku,
Her! Aku akan naik pesawat dari Medan. Aku akan menonton sepak bola tim kesayanganku.
Kamu menemani aku, ya!
10. Bacalah surat undangan berikut!
Dengan
hormat,
Kami
beritahukan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah bahwa MGMP Bahasa dan Sastra
Indonesia SMP Negeri dan Swasta se-kecamatan
Bojonggede akan mengadakan pertemuan
anggota.
_____________
hari,
tanggal : Senin, 16 Desember 2019
waktu : Pukul 08.00 – selesai
tempat : SMP Negeri 1 Bojonggede
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi isi surat tersebut adalah …
A. Kami
beritahukan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar memberi tugas kepada guru-guru
pada
B. Demikian
pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu Kepala Sekolah
menugasi para guru pada :
C. Sehubungan
dengan hal tersebut, kami mohon
Bapak/Ibu Kepala Sekolah menugaskan guru bahasa Indonesia untuk hadir pada
D. Kami
mohon Bapak/Ibu Kepala Sekolah berkenan menugasi saya hadir pada :
11. Diantara
penggalan surat di bawah ini yang merupakan surat permohonan izin menggunakan
tempat olah raga adalah…
- Yang bertanda tangan di
bawah ini, panitia penyelenggara pertandingan bola basket antar pelajar
tingkat SMP sekota Bogor, dengan ini mengajukan permohonan izin kepada
Bapak untuk mengadakan pertandingan bola basket di gedung olah raga yang
Bapak kelola, Kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 4 Maret 2007. Atas
perhatian dan izin Bapak, Kami mengucapkan terima kasih.
- Dalam rangka reuni
pelajar SMPN 20 tamatan tahun 2000, kami panitia reuni akan
menyelenggarakan pameran kerajinan tangan di Gedung Sasana Karya, tanggal
20 April 2007 dari pukul 08.00 – 22.00. Sehubungan dengan itu, kami mohon
Bapak berkenan memberikan izin untuk menyelenggarakan pameran tersebut.
- Dengan ini saya
sampaikan kepada Bapak bahwa anak saya yang bernama Doni, kelas 1A, tidak
dapat hadir di sekolah hari ini karena sakit. Oleh karena itu, saya mohon
izin sakit dari Bapak/Ibu sampai anak kami sembuh. Demikian saya sampaikan
terlebih dahulu diucapkan terima kasih.
- Dalam rangka perpisahan siswa-siswi SMPN 20 kelas III tahun Ajaran 2004/2005 kami dari panitia perpisahan mengajukan permohonan kepada Bapak untuk memakai Gedung Kesenian pada tanggal 1 Juni 2005. Demikian permohonan ini kami sampaikan kepada Bapak. Atas perhatian dan izin Bapak kami sampaikan terima kasih
12. Ananda
tercinta, surat Ananda sudah ayah dan ibu terima. Maksudnya pun sudah ayah-ibu pahami.
Namun, ayah dan ibu tidak bisa memenuhi segala permintaan Ananda. Insya Allah
jika ada rezeki lebih, permintaan Ananda akan ayah kabulkan, bersabarlah
dahulu.
Penggalan
surat tersebut mengekspresikan…
A. orang
tua itu menyetujui dan akan mengabulkan permintaan anaknya.
B. permintaan
anaknya akan dikabulkan jika dapat rezeki lebih.
C. permintaan
anaknya dikabulkan sebagian.
D. ananda
diminta bersabar.
13. Eh,
ngomong-ngomong kok suratku yang kemarin tidak kamu balas, lagi sibuk ya? Aku
juga sibuk nih. Banyak tugas dari sekolah yang harus aku selesaikan, tetapi aku
sempatkan menulis surat buatmu demi kelancaran silaturahmi kita. Makanya, aku
ingin kamu membalas suratku ini!
__________________________________________________________
Bagian penutup surat
pribadi tersebut yang tepat adalah …
A. Demikian
surat saya. Cukup sekian dan terima kasih. Sampai jumpa.
B. Cukup
ini dulu ya. Maaf kalau dada kata-kata yang kurang berkenan di hati.
C. Sudah
dulu ya, jangan lupa sisihkan waktu tuk balas suratku. Terima kasih.
D. Saya
sudahi surat ini dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika ada salah.
Bacalah surat berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 2 !
Jakarta, 29 Januari 2020
Nomor :
Lampiran :
Perihal :
Undangan Rapat OSIS
(1)
__________
Menindaklanjuti
hasil rapat Persiapan kegiatan LDKS, kami bermaksud mengundang Saudara untuk
hadir pada
(2)
__________
Mengingat
pentingnya acara tersebut, kami mengharapkan kehadiran Saudara tepat waktu.
14. Penulisan
yang tepat untuk melengkapi tanda nomor (1) pada kutipan surat tersebut adalah
…
A. Kepada
Yth:
Pengurus OSIS SMP
Mekar Mewangi
di Jakarta
B. Kepada:
Yth Pengurus OSIS SMP
Mekar Mewangi
di Jakarta
C. Yth.
Pengurus OSIS SMP Mekar Mewangi
di Jakarta
D. Yth:
Pengurus OSIS SMP
Mekar Mewangi
di Jakarta.
15. Bagian
yang tepat untuk melengkapi tanda nomor (2) pada kutipan surat tersebut adalah
…
A. hari/tanggal : Kamis,
30 Januari 2020
waktu : Pukul 14.00 – 16.00
tempat : Laboratorium IPA
B. hari/tanggal : Kamis,
30 Januari 2020
waktu : Pukul 14.00 – selesai
tempat : Ruang UKS
C. hari/tanggal : Jumat, 31 Januari 2020
waktu : Pukul 14.00 – 16.00
tempat : Ruang OSIS
D. hari/tanggal : Jumat, 31 Januari 2020
waktu : Pukul 14.00 – selesai
tempat : Ruang Media
Perhatikan
penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 16 dan nomor 17!
Dengan
hormat,
Sehubungan
dengan berakhirnya masa bakti Pengurus Komite Sekolah, kami mengundang
Bapak/Ibu untuk menghadiri rapat pemilihan Pengurus Komite yang baru. Adapun
rapat tersebut akan dilaksankan pada
Hari/Tanggal :
Senin, 27 Januari
2020
Waktu :
pukul 08.00 s.d. 12.00
Tempat :
Aula SMP Al Hidayah
…
16. Bagian
penutup surat tersebut yang tepat adalah …
A. Mengingat
pentingnya acara tersebut, kehadiran Bapak/Ibu semua sangat kami harapkan.
B. Atas
perhatian Bapak/Ibu dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih.
C. Mengingat
masa bakti pengurus komite lama
sudah berakhir, kehadiran Bapak/Ibu sangat kami harapkan.
D. Atas
perhatian Bapak/Ibu tentang masa bakti komite lama, kami ucapkan terima kasih.
17. Perbaikan
penulisan isi surat tersebut yang tepat adalah …
A. Hari/tanggal : senin, 27 januari 2020
Waktu : jam 08.00 s/d 12.00
Tempat : Aula SMP Al Hidayah
B. hari/tanggal : Senin, 27
Januari 2020
waktu : pukul 08.00 s.d. 12.00
tempat : Aula SMP Al Hidayah
C. hari/tanggal : senin, 27 januari 2020
WAKTU : jam 08.00 s.d. 12.00
tempat : Aula SMP Al Hidayah
D. Hari/tanggal : Senin, 27 Januari 2020
Waktu : Pukul 08.00 s.d. 12.00
Tempat : Aula SMP Al Hidayah
18.
Cermatilah
kutipan surat berikut!
Gerakan Pramuka Sunda Kelapa bermaksud
mengadakan bakti sosial di lingkungan yang baru saja dilanda banjir. Bakti
sosial ini sebagai wujud pengamalan Dasa Darma Pramuka kedua yaitu Cinta alam
dan kasih sayang sesama manusia. Untuk itu kami menawarkan kerja sama kepada
gerakan Pramuka Wijaya Kusuma. Kami mengharapkan balasan secepatnya.
|
Bagian isi surat balasan yang tepat untuk kutipan surat tersebut adalah
....
- Gerakan Pramuka Wijaya Kusuma merasa tersanjung
ditawari kerja sama untuk acara bakti sosial sebagai pengamalan Dasa Darma
kedua, tetapi mengapa harus di lingkungan yang baru dilanda banjir?
- Kami atas nama gerakan Pramuka Wijaya Kusuma menyatakan siap bekerja sama pada acara bakti sosial.
Kami berharap ada pertemuan sebelum pelaksanaan bakti sosial untuk
membicarakan rencana tersebut.
C.
Gerakan
Pramuka Wijaya Kusuma ingin bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Sunda Kelapa
untuk membantu masyarakat yang dilanda banjir sebagai pengamalan Dasa darma
kedua.
D.
Kami, atas
nama Gerakan Pramuka Wijaya Kusuma akan melakukan bakti sosial dengan Gerakan Pramuka Sunda Kelapa
untuk mewujudkan Dasa Darma kedua.
PENILAIAN TENGAH SEMESTER
Jenis Teks : TEKS FABEL/LEGENDA
Kelas/Semester : VII/ Semester 2
A.
Pilihlah jawaban yang tepat!
Bacalah
penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan nomor 2!
Lily dan Hugo adalah saudara sepupu. Keduanya buaya. Hugo
lebih tua dari Lily. Tubuhnya pun jauh lebih besar.
Lily melihat Hugo dan burung egyptian polver itu berbicara akrab. Sesekali mereka tertawa. Entah
apa yang dibicarakan. Lily tidak tahu pasti. Jarak antara mereka agak jauh.
Lagi pula, Hugo dan burung yang bernama Pop itu berbicara dengan suara rendah.
Dikutip dari: Indah Hanaco, “Dan Lily pun Tak Berdaya”
dalam 33 Binatang Paling heboh!Fabel Sains untuk Anak Cerdas, Jakarta, Gramedia
Pustaka Utama, 2014.
1. Penggalan teks tersebut
dikategorikan sebagai bagian dari teks fabel karena
…
A. teks tersebut bersifat nonfiksi.
B. menunjukkan penggambaran karakter dari tokoh tersebut.
C. tokoh pada cerita fabel umumnya hewan yang bertingkah
seperti manusia.
D. menggunakan kata baku dalam penyampainya.
A. khayalan
B. kenyataan
C. nonfiksi
D. realita
Bacalah
kedua penggalan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 3 sampai dengan
nomor 5!
Teks 1
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas
ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi
tidak menemukannya. Tiba-tiba ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia
pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya.ia senang
karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu berusaha
memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu terlalu
sempit untuk kepalanya. Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar
airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya.
Gagak itu lalu berpikir keras
sebentar. Ketika menengok ke kanan dan ke kiri, ia melihat beberapa kerikil.
Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya gagasan yang bagus. Ia pun mulai memunguti
kerikil itu satu demi satu, lalu memasukan setiap kerikil itu ke dalam
tempayan. Semakin banyak kerikil yang dimasukkan, air pun naik. Oleh karena
itu, burung gagak itu bisa meminum air dari tempayan tersebut.
Dikutip:http://www.rumahdongeng.com./cerita-anak.php?id=203
Teks 2
Pada zaman dahulu, hiduplah seorang lelaki bernama
Towjatuwa di tepian sungai Tami daerah Papua. Lelaki itu sedang gundah, oleh karena isterinya
yang hamil tua mengalami kesulitan dalam melahirkan bayinya. Untuk membantu
kelahiran anaknya itu, ia membutuhkan operasi yang menggunakan batu tajam dari Sungai Tami.
Ketika
sedang sibuk mencari batu tajam tersebut, ia mendengar suara-suara aneh di
belakangnya. Alangkah terkejutnya Towjatuwa ketika ia melihat seekor buaya
besar di depannya. Ia sangat ketakutan dan hampir pingsan. Namun saat Towjatuwa
hendak melarikan diri, buaya itu menyapanya dengan ramah dan bertanya apa yang
sedang ia lakukan. Towjatuwapun menceritakan keadaan isterinya. Buaya ajaib ini pun berkata: "Tidak usah khawatir, saya akan
datang ke rumahmu nanti malam. Saya akan menolong isterimu melahirkan."
Towjatuwa pulang menemui isterinya. Dengan sangat berbahagia, iapun
menceritakan perihal pertemuannya dengan seekor buaya ajaib.
Malam
itu, seperti yang dijanjikan, buaya ajaib itu pun memasuki rumah Towjatuwa. Dengan kekuatan
ajaibnya, buaya yang bernama Watuwe itu menolong proses kelahiran seorang bayi
laki-laki dengan selamat. Ia diberi nama Narrowra. Watuwe meramalkan bahwa
kelak bayi tersebut akan tumbuh menjadi pemburu yang handal.
3.
Pernyataan yang benar berdasarkan penggalan kedua teks tersebut adalah...
A.
teks 1 merupakan fabel, sedangkan teks 2 merupakan dongeng.
B.
teks 1 merupakan cerita fiksi, sedangkan teks 2 merupakan cerita nonfiksi.
C.
teks 1 merupakan fabel, sedangkan teks 2 merupakan legenda.
D.
teks 1 merupakan cerita realita, sedangkan teks 2 merupakan cerita
khayalan.
4. Alasan tokoh gagak tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam tempayan pada teks 1 adalah...
A. karena airnya ada di dalam tempayan.
B. karena leher tempayan terlalu sempit.
C. karena kepala gagak terlalu besar.
D. karena airnya terlalu sedikit.
5. Gagak memunguti kerikil pada cerita di
teks 1 dengan tujuan untuk...
A. melempari tempayan agar pecah.
B. melempari mangsanya.
C. dimasukkan ke dalam tempayan.
D. dimasukkan ke dalam mulutnya.
Cermati kutipan fabel berikut untuk menjawab soal
nomor 6 sampai nomor 8!
(1)
Secara bersamaan dua ekor kambing jantan dari arah berlawanan berjalan
menyeberangi sebuah titian. (2) Titian
tersebut hanya cukup untuk dilewati seekor binatang. (3) Ketika keduanya
bertemu di tengah, tak ada yang mau mundur atau rela mengalah. (4) Mereka
menyarankan tanduk satu sama lain, sampai kemudian keduanya jatuh ke tengah
arus sungai dan tenggelam.
6. Makna kata titian pada kutipan fabel
tersebut adalah....
A. tempat berpijak
B. jembatan kecil dari sebatang papan atau
kayu
C. jalan sempit di tepi sungai
D. jembatan besi yang kokoh
7. Makna simbol tokoh kambing dalam fabel
tersebut adalah....
A. egoistis
B. berkuasa
C. serahkah
D. sombong
8. Watak kedua kambing yang keras kepala
terdapat pada kalimat ke....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Bacalah
kutipan fabel
berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
(1) Seekor
kepompong sedang menangis dan bersedih akan apa yang terjadi di sebuah pohon
yang tumbang. “Hu… hu… betapa sedihnya, diterjang badai, tapi tak ada tempat
untuk berlindung. Huhu…,” sedih sang kepompong.
(2) Dari
balik tanah muncullah seekor semut berkata, “Hai kepompong, lihatlah aku! Aku
terlindungi dari badai kemarin. Tidak seperti kau yang ada di atas tanah.
Tubuhmu hanya menempel di pohon dan tidak bisa berlindung. ”Pada suatu hari si semut
berjalan di atas lumpur hidup yang bisa menelannya. “Tolooong… Tolooong! Aku
terjebak di lumpur hidup,” teriak semut. Terdengar suara dari atas,
“Sepertinya kamu sedang kesulitan, semut?”
(3) Si
semut menengok ke atas mencari sumber suara. Ternyata suara itu berasal dari
seekor kupu-kupu yang terbang di atas lumpur. “Siapa kau?” tanya si semut galau. “Aku adalah kepompong yang
waktu itu kau hina,” jawab si kupu-kupu. Semut
merasa malu dan minta bantuan si kupu-kupu untuk menolongnya dari lumpur hidup.
(4) “Tolong aku, kupu-kupu!
Aku minta maaf,” ucap semut .Si
kupu-kupu akhirnya menolong semut dan semut pun selamat.
9. Sudut
pandang pengarang dalam kutipan fabel tersebut
adalah…
A. orang
ketiga serbatahu.
B. orang
pertama pelaku utama.
C. orang
ketiga sebagai pengamat.
D. orang
pertama pelaku sampingan.
10. Ringkasan
dongeng tersebut yang paling tepat adalah…
A.
Seekor kupu-kupu tertimpa
pohon sehingga menangis. Sementara semut tertawa-tawa mengejek kepompong karena
tidak bisa menyelamatkan diri. Ketika semut tidak bisa berjalan, ia meminta
tolong kepompong agar menolongnya dari dalam lumpur.
B.
Tidak disangka seekor
kepompong terjebak badai dan tertimpa pohon hingga menangis dan bersedih karena
tidak ada yang menolong. Tiba-tiba muncul semut dari balik tanah dan ia pun
mengatakan bahwa ia selamat. Kemudian seekor kupu-kupu terbang di atas lumpur
dan menolong semut.
C.
Seekor kepompong berlindung
di balik tanah karena diterjang badai. Kemudian dari balik tanah muncul seekor
semut. Semut itu dapat berlindung. Keesokan harinya semut terjebak di dalam
lumpur dan meminta bantuan seekor kupu-kupu untuk menolongnya.
D.
Seekor kepompong menangis
dan bersedih karena diterjang badai. Pada saat itu muncul seekor semut dan
mengejeknya karena kepompong tidak bisa berlindung. Pada saat semut berjalan di
atas lumpur, dia merasa dalam bahaya dan meminta tolong pada kupu-kupu.
Akhirnya kupu-kupu menolongnya.
11. Komentar
yang logis untuk kutipan fabel tersebut adalah…
A.
Sebaik-baiknya perilaku
tokoh suatu saat akan dibawa oleh tokoh lain dengan kejahatan.
B.
Wajar saja tokoh berbuat
jahat karena semata-mata ingin menyelamatkan diri sendiri.
C.
Kita dapat mengambil nilai
kehidupan bahwa tidak selamanya kejahatan dibalas dengan kejahatan.
D.
Sepantasnya tokoh yang jahat
diberi hukuman agar tidak berbuat kejahatan lagi.
12. Latar
tempat kutipan fabel tersebut adalah…
A. di
kebun.
B. di
hutan.
C. di
sungai.
D. di
danau.
13. Bacalah kutipan teks berikut!
“Hore!” Teriak para serangga ketika melihat kodok-kodok itu pergi.
Sambil menari-nari mereka mengangkat tubuh Paman Belalang dan
melempar-lemparnya ke udara. Kakek Cacing mengucapkan terima kasih kepada Paman
Belalang yang sudah menyelamatkan desa. Semenjak itu, Paman Belalang tidak
menjadi pemurung lagi. Ia menyadari dirinya masih berguna walaupun telah
kehilangan kakinya. Setiap malam ia pun bergabung dengan para serangga lainya
untuk berpesta. Paman Belalang selalu bermain gitar dan bernyanyi riang. Para
serangga pun sangat menyukainya. Begitu juga dengan Lodi dan Roro yang sekarang
menjadi sahabat paman. Mereka selalu ikut berpetualang dengan Paman Belalang dan perahunya.
Kutipan teks cerita tersebut termasuk
ke dalam struktur teks fabel pada bagian….
A.
orientasi
B.
komplikasi
C.
resolusi
D.
koda
14. Perhatikan kutipan fabel berikut!
Pesan moral yang dapat di ambil dari
fabel tersebut ialah kita jangan pernah menganggap remeh orang lain. Setiap
orang memilki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Kesombongan suatu saat
akan dikalahkan oleh kerendahan hati.
Penggalan fabel diatas termasuk
struktur fable pada bagian….
A.
orientasi
B.
komplikasi
C.
resolusi
D.
koda
15. Perhatikan kalimat berikut!
1)
Dikisahkan pada suatu hari yang cerah
ada seekor semut berjalan-jalan di taman.
2)
Pada suatu pagi sang semut kembali
berjalan ke taman itu. Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur.
3)
Si kupu-kupu mengangkat ranting itu
dan menurunkannya di tempat yang aman.
4)
Kepompong hanya bisa menggantung di
ranting itu.
Kalimat yang mengandung kata keterangan waktu dan tempat adalah . . . .
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
1 dan 3
D.
2 dan 4
16. Bacalah kedua kutipan fabel berikut!
Kutipan Fabel 1
Setelah pintu terbuka, semut itu menawarkan bantuan
lain. Semut memang ringan tangan.
“Boleh
aku merawat kakimu? Sepertinya sakit sekali,” tukasnya.
Yuri tidak punya pilihan selain menyetujuinya. Jika
tidak, dia harus menunggu ayah dan ibunya. Padahal, Yuri tidak tahu pasti kapan
mereka akan pulang.
Dikutip dari : Indah Hanaco,”Rahasia
Kaki Yuri yang Bersih” dalam 33 Bintang Paling Heboh! Fabel Sains untuk Anak
Cerdas, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Kutipan Fabel 2
Belakangan ini, Rino merasa gembira. Bulu-bulu halus yang ada
di dekat mulutnya mulai mengeras dan berubah menjadi cula. Karena Rino seekor
badak jawa, dia hanya memiliki satu cula.
Siang itu, Rino sedang berendam di dalam kubangan yang nyaman.
Sinar matahari terasa membakar kulitnya. Rino hampir tertidur ketika mendengar
suara keras mirip ledakan.
Belum sempat hilang kagetnya, tiba-tiba Rino mendengar suara
langkah kaki mendekat. Ternyata, itu suara langkah adiknya, Lili.
Dikutip dari : Indah Hanaco,”Persahabatan
Angin dan Rino” dalam 33 Bintang Paling Heboh! Fabel Sains untuk Anak Cerdas,
Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Perbedaan penggunaan bahasa
pada kedua kutipan fabel tersebut adalah....
Kutipan Fabel 1
|
Kutipan Fabel 2
|
|
A.
|
menggunakan ungkapan
|
menggunakan peribahasa
|
B.
|
menggunakan majas
|
menggunakan ungkapan
|
C.
|
menggunakan ungkapan
|
menggunakan peribahasa
|
D.
|
menggunakan ungkapan
|
menggunakan majas
|
17. Bacalah cuplikan teks berikut ini!
Dahulu
kala, di Kerajaan Kahyangan, ada tujuh puteri yang sangat jelita. Nama-nama
mereka diambil dari nama bunga yaitu Mawar, Dahlia, Cempaka, Tanjung, Kenanga,
Cendana, dan Melati. Mereka masing-masing mempunyai kesukaan yang berbeda. Di
antara mereka yang paling menonjol adalah si bungsu, Melati.
Kata
sandang tokoh dalam cuplikan teks tersebut adalah....
A.
sang
B.
hang
C.
si
D.
Melati
18. Perhatikan penggalan cerita berikut!
a)
Kelinci tertidur dan akhirnya
kura-kura menang.
b)
Kelinci yang sombong mengejek kura-kura
yang jalannya lambat.
c)
Ketika lomba di mulai, kelinci lari dengan cepat dan jauh meninggalkan kura-kura.
d)
Kura-kura menantang kelinci untuk lomba lari.
e)
Kelinci yang sombong yakin kalau dia pasti menang.
f)
Karena kelinci merasa kura-kura sangat jauh, ia beristirahat di bawah pohon.
Urutan yang tepat agar
kalimat-kalimat diatas menjadi sebuah fabel adalah…
A. a-b-d-f-c-e
B. b-e-d-f-c-a
C. b-d-e-c-f-a
D. b-d-c-e-f-a
19. Bacalah cuplikan teks berikut ini!
Putri Tania
sangat cantik. Sayang, sikap Putri Tania tak secantik parasnya. Ia sangatlah
nakal. Segala yang ia inginkan harus selalu dituruti. Putri Tania Juga amat
jahil. Semua pegawai istana pernah dijahilinya.
Apabila
ditempatkan pada susunan drama, kutipan tersebut sebaiknya dikembangkan dalam
bagian....
A.
prolog
B.
dialog
C.
monolog
D.
epilog
20. Bacalah cuplikan teks berikut ini!
Tikus semakin ketakutan. Ia coba memberanikan diri berbicara dengan Singa.
“Tolonglah, ampuni hamba, Tuan.Jangan bunuh hamba. Mungkin suatu saat Tuan
membutuhkan hamba.” Mendengar itu, Singa tertawa.
Dialog tikus harus diungkapan dengan nada....
A.
memelas
B.
merintih
C.
mengerang
D.
menderita
GOOD
ReplyDeleteYang kelas 8 donh
ReplyDeleteNadiya trijayanti
ReplyDelete